PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PIDATO SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 3 GUNUNGSITOLI SELATAN
Abstract:
The purpose of this study was to improve students' ability to analyze the structure of speech texts using the Cooperative Learning model. The implementation procedure consists of four stages, namely: (1) Planning, (2) Action, (3) Observation, and (4) Reflection. The researcher used research instruments, namely observation sheets, essay tests, field notes and documentation. The subjects in this study were 25 students of class VIII UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli Selatan, even semester, consisting of 25 people, 11 male and 14 female. The results of the increase in students' ability to analyze the structure of speech texts in cycle I were the highest score of 74 and the lowest score of 55 with a completion percentage of 63.6%. In cycle II, the lowest score was 75 and the highest score was 90 with a completion percentage of 86%. It was concluded that the application of the Cooperative Learning learning model can improve the ability to listen to speeches of students in class VIII. It is hoped that further researchers will use this research as additional insight to carry out research. .
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis struktur teks pidato dengan menggunakan model Cooperative Learning. Prosedur pelaksanaannya terdiri dari empat tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Peneliti menggunakan instrumen penelitian yaitu lembar observasi, tes essay, catatan lapangan dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli Selatan, semester genap yang berjumlah 25 orang, laki-laki sebanyak 11 orang dan perempuan sebanyak 14 orang. Hasil nilai peningkatan kemampuan peserta didik menganalisis struktur teks pidato pada siklus I yaitu nilai tertinggi 74 dan nilai terendah 55 dengan presentase ketuntasan 63,6%. Pada siklus II nilai terendah 75 dan nilai tertinggi 90 dengan presentase ketuntasan 86%. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dapat meningkatkan kemampuan menyimak pidato peserta didik di kelas VIII. Diharapkan pada peneliti selanjutnya menggunakan penelitian ini sebagai tambahan wawasan untuk melaksanakan penelitian.
Most read articles by the same author(s)
- Stanislaus Rahasia Zalukhu, Riana Riana, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI MELALUI METODE MEMBACA INSPEKSIONAL (SKIMMING) SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 ALASA , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Nika Tri Warna Lase, Lestari Waruwu, Riana Riana, Noibe Halawa, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI TEKS EKSPOSISI KELAS X SMK NEGERI 1 BOTOMUZOI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Aktif Foera-Era Lase, NOVERI AMAL JAYA HAREFA, Mastawati Ndruru, LESTARI WARUWU, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BOTOMUZOI TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Kaperius Daeli, Lestari Waruwu, Yanida Bu'ulolo, Noibe Halawa, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 1 MANDREHE , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Ester Telaumbanua, Arozatulo Bawamenewi, Imansudi Zega, Lestari Waruwu, ANALISIS SEMIOTIK FAMÖZI ARAMBA DI PERNIKAHAN ÖRI LARAGA NIAS , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Sri Wahyuni Gulo, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, Noibe Halawa, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-HANDOUT BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Waozatulo Giawa, Mastawati Ndruru, Noveri Amal Jaya Harefa, Yanida Bu'ulolo, ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT NIAS “TUADA BÖLA” , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Iman Purnama Sari Laoli, Riana Riana, Noibe Halawa, Lestari Waruwu, ANALISIS TINDAK TUTUR LOKUSI ILOKUSI DAN PERLOKUSI DALAM DIALOG FILM ANIMASI ”MERAIH MIMPI” KARYA PHIL MITCHELL , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Junius Laoli , Mastawati Ndruru, Yanida Bu'ulolo, Noveri Amal Jaya Harefa, PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA PADA MATERI MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 HILISERANGKAI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Yarni Kristiani Lahagu, Mastawati Ndruru, Noveri Amal Jaya Harefa, Lestari Waruwu, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA TEKS EKSPLANASI MELALUI FLIPBOOK SISWA KELAS VIII SMP SWASTA KRISTEN TOMOSA 1 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Similar Articles
- Linda Santi Rozana Mendrofa, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, Mastawati Ndruru, PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN TEKS PIDATO PERSUASIF DI SMP , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
You may also start an advanced similarity search for this article.