PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PIDATO SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 3 GUNUNGSITOLI SELATAN
Abstract:
The purpose of this study was to improve students' ability to analyze the structure of speech texts using the Cooperative Learning model. The implementation procedure consists of four stages, namely: (1) Planning, (2) Action, (3) Observation, and (4) Reflection. The researcher used research instruments, namely observation sheets, essay tests, field notes and documentation. The subjects in this study were 25 students of class VIII UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli Selatan, even semester, consisting of 25 people, 11 male and 14 female. The results of the increase in students' ability to analyze the structure of speech texts in cycle I were the highest score of 74 and the lowest score of 55 with a completion percentage of 63.6%. In cycle II, the lowest score was 75 and the highest score was 90 with a completion percentage of 86%. It was concluded that the application of the Cooperative Learning learning model can improve the ability to listen to speeches of students in class VIII. It is hoped that further researchers will use this research as additional insight to carry out research. .
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis struktur teks pidato dengan menggunakan model Cooperative Learning. Prosedur pelaksanaannya terdiri dari empat tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Peneliti menggunakan instrumen penelitian yaitu lembar observasi, tes essay, catatan lapangan dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli Selatan, semester genap yang berjumlah 25 orang, laki-laki sebanyak 11 orang dan perempuan sebanyak 14 orang. Hasil nilai peningkatan kemampuan peserta didik menganalisis struktur teks pidato pada siklus I yaitu nilai tertinggi 74 dan nilai terendah 55 dengan presentase ketuntasan 63,6%. Pada siklus II nilai terendah 75 dan nilai tertinggi 90 dengan presentase ketuntasan 86%. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dapat meningkatkan kemampuan menyimak pidato peserta didik di kelas VIII. Diharapkan pada peneliti selanjutnya menggunakan penelitian ini sebagai tambahan wawasan untuk melaksanakan penelitian.
Most read articles by the same author(s)
- Penunjuk Jalan Gulo, Mastawati Ndruru, Lestari Waruwu, Noveri Amal Jaya Harefa, ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL “LEMBARAN TERABAIKAN” KARYA NOIBE HALAWA , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Ferdiaman Zalukhu, Imansudi Zega, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, ANALISIS NILAI-NILAI BUDAYA PADA PESTA PERNIKAHAN DI NIAS , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Thantri Ayu Telaumbanua, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, Riana Riana, PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 HILIDUHO , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Lisaria Zalukhu, Mastawati Ndruru, Lestari Waruwu, Noveri Amal Jaya Harefa, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI SOSIAL MEDIA (TIK TOK) PADA MATERI FIKSI SISWA KELAS VIII SMP N 4 LAHEWA TIMUR , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Nelvan Putra Hulu, Noveri Amal Jaya Harefa, Arozatulo Bawamenewi, Imansudi Zega, PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CANVA PADA MATERI SURAT PRIBADI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ALASA TALUMOZOI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Wangi Netralli Lase, Riana Riana, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, Analisis Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 2 Gunungsitoli Alo’oa , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Linda Santi Rozana Mendrofa, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, Mastawati Ndruru, PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN TEKS PIDATO PERSUASIF DI SMP , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Nurunia Zendrato, Lestari Waruwu, Imansudi Zega, Yanida Bu'ulolo, PEMEROLEHAN BAHASA ANAK PADA USIA 3-6 TAHUN DI DESA TARAKHAINI KECAMATAN GUNUNGSITOLI ALO’OA KOTA GUNUNGSITOLI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Serius Delvin Laia, Mastawati Ndruru, Yanida Bu'ulolo, Noveri Amal Jaya Harefa, ANALISIS DEIKSIS DALAM NOVEL “LAYANGAN PUTUS” KARYA MOMMY ASF , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Linda Tri Utami Zendrato, Arozatulo Bawamenewi, Yanida Bu'ulolo, Mastawati Ndruru, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI SMP , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Similar Articles
- Linda Santi Rozana Mendrofa, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, Mastawati Ndruru, PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN TEKS PIDATO PERSUASIF DI SMP , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
You may also start an advanced similarity search for this article.