PENGEMBANGAN FLIPCHART PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DRAMA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 HILIDUHO
Abstract:
This study aims to determine the response of students and the feasibility of flipchart media based on problem based instruction on the material Identifying Elements of Drama for Class VIII of SMP Negeri 2 Hiliduho. The model used is the Thiagarajan development flow according to Trianto, this development model consists of four stages, namely the define, design, develop and disseminate stages. The results of the validation assessment of learning media based on Problem Based Instruction by material experts for aspects of the suitability of media materials with KD, conceptual truth, conceptual breadth and conceptual understanding in the first revision were obtained a percentage of 72% with fairly valid criteria, while in the second revision a percentage of 80% was obtained with very valid criteria, and in the third revision a percentage of 93% was obtained. The results of the Flipchart media assessment for product trials in individual tests obtained a percentage of 84% for fairly practical criteria. The results of the Flipchart media assessment for product trials in small groups obtained a percentage of 85% for practical criteria. The results of the Flipchart media assessment for field trials obtained a percentage of 93% for very practical criteria.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik dan kelayakan media flipchart berbasis problem based instruction pada materi Mengidentifikasi Unsur-Unsur Drama Kelas VIII SMP Negeri 2 Hiliduho. Model yang digunakan adalah alur pengembangan Thiagarajan menurut Trianto, model pengembangan ini terdiri atas empat tahapan, yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan desseminate (penyebaran). Hasil penilaian validasi media pembelajaran berbasis Problem Based Instruction oleh ahli materi untuk aspek kesesuaian materi media dengan KD, kebenaran konsep, keluasan konsep dan pemahaman konsep pada revisi pertama adalah diperoleh persentase sebesar 72% dengan kriteria cukup valid, sedangkan pada revisi kedua diperoleh persentase sebesar 80% dengan kriteria sangat valid, dan pada revisi ketiga deperoleh persentase sebesar 93%. Hasil penilaian media Flipchart uji coba produk pada uji perseorangan diperoleh persentase 84% kriteria cukup praktis. Hasil penilaian media Flipchart uji coba produk pada kelompok kecil diperoleh persentase 85% kriteria praktis. Hasil penilaian media Flipchart uji lapangan diperoleh persentase 93% kriteria sangat praktis.
Most read articles by the same author(s)
- Nika Tri Warna Lase, Lestari Waruwu, Riana Riana, Noibe Halawa, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI TEKS EKSPOSISI KELAS X SMK NEGERI 1 BOTOMUZOI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Aktif Foera-Era Lase, NOVERI AMAL JAYA HAREFA, Mastawati Ndruru, LESTARI WARUWU, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BOTOMUZOI TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Kaperius Daeli, Lestari Waruwu, Yanida Bu'ulolo, Noibe Halawa, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 1 MANDREHE , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Ester Telaumbanua, Arozatulo Bawamenewi, Imansudi Zega, Lestari Waruwu, ANALISIS SEMIOTIK FAMÖZI ARAMBA DI PERNIKAHAN ÖRI LARAGA NIAS , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Sri Wahyuni Gulo, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, Noibe Halawa, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-HANDOUT BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Iman Purnama Sari Laoli, Riana Riana, Noibe Halawa, Lestari Waruwu, ANALISIS TINDAK TUTUR LOKUSI ILOKUSI DAN PERLOKUSI DALAM DIALOG FILM ANIMASI ”MERAIH MIMPI” KARYA PHIL MITCHELL , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Yarni Kristiani Lahagu, Mastawati Ndruru, Noveri Amal Jaya Harefa, Lestari Waruwu, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA TEKS EKSPLANASI MELALUI FLIPBOOK SISWA KELAS VIII SMP SWASTA KRISTEN TOMOSA 1 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Prilian Putri Cahyani Giawa, Noveri Amal Jaya Harefa, Arozatulo Bawamenewi, Imansudi Zega, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI BARU SISWA UPTD SMP NEGERI 5 GUNUNGSITOLI TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Esther Novi Christin Harefa, Lestari Waruwu, Arozatulo Bawamenewi, Yanida Bu'ulolo, PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PIDATO SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 3 GUNUNGSITOLI SELATAN , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Putri Harefa, Imansudi Zega, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, MENGANALISIS TINDAK TUTUR GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII MTS ASH HABUL KAHFI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Similar Articles
- Iman Purnama Sari Laoli, Riana Riana, Noibe Halawa, Lestari Waruwu, ANALISIS TINDAK TUTUR LOKUSI ILOKUSI DAN PERLOKUSI DALAM DIALOG FILM ANIMASI ”MERAIH MIMPI” KARYA PHIL MITCHELL , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
You may also start an advanced similarity search for this article.