PENGEMBANGAN FLIPCHART PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DRAMA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 HILIDUHO
Abstract:
This study aims to determine the response of students and the feasibility of flipchart media based on problem based instruction on the material Identifying Elements of Drama for Class VIII of SMP Negeri 2 Hiliduho. The model used is the Thiagarajan development flow according to Trianto, this development model consists of four stages, namely the define, design, develop and disseminate stages. The results of the validation assessment of learning media based on Problem Based Instruction by material experts for aspects of the suitability of media materials with KD, conceptual truth, conceptual breadth and conceptual understanding in the first revision were obtained a percentage of 72% with fairly valid criteria, while in the second revision a percentage of 80% was obtained with very valid criteria, and in the third revision a percentage of 93% was obtained. The results of the Flipchart media assessment for product trials in individual tests obtained a percentage of 84% for fairly practical criteria. The results of the Flipchart media assessment for product trials in small groups obtained a percentage of 85% for practical criteria. The results of the Flipchart media assessment for field trials obtained a percentage of 93% for very practical criteria.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik dan kelayakan media flipchart berbasis problem based instruction pada materi Mengidentifikasi Unsur-Unsur Drama Kelas VIII SMP Negeri 2 Hiliduho. Model yang digunakan adalah alur pengembangan Thiagarajan menurut Trianto, model pengembangan ini terdiri atas empat tahapan, yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan desseminate (penyebaran). Hasil penilaian validasi media pembelajaran berbasis Problem Based Instruction oleh ahli materi untuk aspek kesesuaian materi media dengan KD, kebenaran konsep, keluasan konsep dan pemahaman konsep pada revisi pertama adalah diperoleh persentase sebesar 72% dengan kriteria cukup valid, sedangkan pada revisi kedua diperoleh persentase sebesar 80% dengan kriteria sangat valid, dan pada revisi ketiga deperoleh persentase sebesar 93%. Hasil penilaian media Flipchart uji coba produk pada uji perseorangan diperoleh persentase 84% kriteria cukup praktis. Hasil penilaian media Flipchart uji coba produk pada kelompok kecil diperoleh persentase 85% kriteria praktis. Hasil penilaian media Flipchart uji lapangan diperoleh persentase 93% kriteria sangat praktis.
Most read articles by the same author(s)
- Penunjuk Jalan Gulo, Mastawati Ndruru, Lestari Waruwu, Noveri Amal Jaya Harefa, ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL “LEMBARAN TERABAIKAN” KARYA NOIBE HALAWA , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Ferdiaman Zalukhu, Imansudi Zega, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, ANALISIS NILAI-NILAI BUDAYA PADA PESTA PERNIKAHAN DI NIAS , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Thantri Ayu Telaumbanua, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, Riana Riana, PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 HILIDUHO , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Lisaria Zalukhu, Mastawati Ndruru, Lestari Waruwu, Noveri Amal Jaya Harefa, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI SOSIAL MEDIA (TIK TOK) PADA MATERI FIKSI SISWA KELAS VIII SMP N 4 LAHEWA TIMUR , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Nelvan Putra Hulu, Noveri Amal Jaya Harefa, Arozatulo Bawamenewi, Imansudi Zega, PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CANVA PADA MATERI SURAT PRIBADI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ALASA TALUMOZOI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Wangi Netralli Lase, Riana Riana, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, Analisis Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 2 Gunungsitoli Alo’oa , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Linda Santi Rozana Mendrofa, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, Mastawati Ndruru, PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN TEKS PIDATO PERSUASIF DI SMP , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Nurunia Zendrato, Lestari Waruwu, Imansudi Zega, Yanida Bu'ulolo, PEMEROLEHAN BAHASA ANAK PADA USIA 3-6 TAHUN DI DESA TARAKHAINI KECAMATAN GUNUNGSITOLI ALO’OA KOTA GUNUNGSITOLI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Linda Tri Utami Zendrato, Arozatulo Bawamenewi, Yanida Bu'ulolo, Mastawati Ndruru, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI SMP , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Stanislaus Rahasia Zalukhu, Riana Riana, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI MELALUI METODE MEMBACA INSPEKSIONAL (SKIMMING) SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 ALASA , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Similar Articles
- Iman Purnama Sari Laoli, Riana Riana, Noibe Halawa, Lestari Waruwu, ANALISIS TINDAK TUTUR LOKUSI ILOKUSI DAN PERLOKUSI DALAM DIALOG FILM ANIMASI ”MERAIH MIMPI” KARYA PHIL MITCHELL , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
You may also start an advanced similarity search for this article.