MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACATEKS PERSUASIF DENGAN MODEL PEMBELAJARANCIRC(COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GUNUNGSITOLI UTARA

Diterbitkan: Sep 3, 2024

Abstrak:

The purpose of this study is to improve the ability to read persuasive texts by using the CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, And Composition) learning model for class VIII students of SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara in the 2023/2024 Academic Year. To achieve the objectives of this study, Classroom Action Research (CAR) was used with the following implementation procedures: (1) planning, (2) action, (3) observation, (4) reflection. The subjects of this study were class VIII-C students of SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara in the 2023/2024 Academic Year with a total of 21 students consisting of 12 males and 9 females. The results of observations that have been carried out by researchers are 5.88%, and those that have not been carried out by researchers are 0%. Based on the explanation above, it can be concluded that using the CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, And Composition) learning model can improve students' ability to read persuasive texts by paying attention to the structure and language rules, in class VIII-C of SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca teks persuasif dengan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, And Composition) siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara Tahun Pembelajaran 2023/2024. Untuk mencapai tujuan penelitin ini maka digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur pelaksanaannya adalah: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara Tahun Pembelajaran 2023/2024 dengan jumlah 21 orang yang terdiri dari Laki-laki 12 orang dan perempuan 9 orang. Hasil observasi yang sudah dilakukan peneliti 5.88%, dan yang belum dilakukan peneliti0 %. Berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, And Composition) dapat meningkatan kemampuan siswa membaca teks persuasif dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaannya, di kelas VIII-C SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara.

Penulis:
1 . Novi Ratna Yanti Laoli
2 . Riana Riana
3 . Noveri Amal Jaya Harefa
4 . Lestari Waruwu
Cara Mengutip
Yanti Laoli, N. R., Riana, R., Harefa, N. A. J., & Waruwu, L. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACATEKS PERSUASIF DENGAN MODEL PEMBELAJARANCIRC(COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GUNUNGSITOLI UTARA. Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 12(2 Sep), 262–270. Diambil dari https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/Kata/article/view/136