ANALISIS KESALAHAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 1 TUHEMBERUA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Diterbitkan: Sep 2, 2024

Abstrak:

The purpose of this study was to analyze students' speech skills errors in Indonesian speaking at SMP Negeri 1 Tuhemberua. The method used in this study is qualitative descriptive research with the data source of this study i.e. primary data resulting from the results of documentation, observations and interviews collected by the researcher from several samples that the researcher has determined. The results found by researchers are that there are factors and forms of error in students' speech skills consisting of pronunciation of words, there are 8 students who are still lacking in terms of speaking in Indonesian, intonation there are 7 students, fluency there are 5 students in terms of factors impeding speech skills, in terms of factors affecting speech skills there are 8 students, vocabulary use there are 3 students in terms of coherence vocabulary formation, in terms of coherence vocabulary formation. aspects of vocabulary formation are absent in opening sentences, contents, There were 5 students, facial expression there were 3 students in terms of gestures and gestures, in terms of facial expression there were 11 students, and in terms of psychiatry there was 1 student in answering questions posed by researchers.

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesalahan keterampilan berbicara siswa dalam berbahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Tuhemberua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data penelitian ini yaitu data primer yang dihasilkan dari hasil dokumentsi, observasi dan wawancara yang dikumpulkan oleh peneliti dari beberapa sampel yang telah peneliti tentukan. Hasil yang ditemukan oleh peneliti yaitu terdapat faktor dan bentuk kesalahan keterampilan berbicara siswa yang terdiri dari pelafalan pengucapan kata terdapat 8 siswa yang masih kurang dalam segi berbicara dalam berbahasa Indonesia, intonasi terdapat 7 siswa, kelancaran terdapat 5 siswa dari segi faktor menghambat keterampilan berbicara, dari segi faktor mempengaruhi keterampilan berbicara terdapat 8 siswa, penggunaan kosakata terdapat 3 siswa dari segi aspek pembentukan kosakata koherensi, dari segi aspek pembentukan kosakata tidak terdapat kalimat pembuka, isi, penutup terdapat 5 siswa, ekspresi mimik terdapat 3 siswa dari segi aspek gestur dan gerak tubuh, dari segi aspek ekspresi wajah terdapat 11 siswa, dan dari segi penjiwaan terdapat 1 siswa dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh peneliti.

Penulis:
1 . Tati Murni Gea
2 . Noveri Amal Jaya Harefa
3 . Lestari Waruwu
4 . Noibe Halawa
Cara Mengutip
Murni Gea, T., Harefa, N. A. J., Waruwu, L., & Halawa, N. (2024). ANALISIS KESALAHAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 1 TUHEMBERUA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 12(2 Sep), 254–261. Diambil dari https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/Kata/article/view/144