PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI MELALUI METODE MEMBACA INSPEKSIONAL (SKIMMING) SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 ALASA
Abstrak:
Based on the results of observations at SMK Negeri 3 Alasa, it shows that students' ability in reading comprehension of expository texts is still lacking in understanding and analyzing the structure and language rules in expository texts. This study aims to Describe the Inspectional Reading Method (skimming) in the ability to read comprehension of expository texts in students and to find out the Inspectional Reading Method (skimming) in increasing interest and effectiveness of learning in class X-ATPH students of SMK Negeri 3 Alasa. The type of research used by the researcher is Classroom Action Research (CAR) using 4 stages, namely 1) Planning, 2) Action, 3) Observation, 4) Reflection. This study was carried out in 2 cycles, and data collection was obtained using observation sheets, assessment sheets, field notes, and documentation. Based on the implementation of the research, the results obtained in cycle I with the lowest value of 25 and the highest value of 75 with an average value of 46.25%. Meanwhile, in cycle II, there was an increase in students' reading comprehension skills in analyzing the structure and language rules of expository texts with the results obtained being the lowest score of 50 and the highest score of 87.5 with an average score of 81.87%.
Abstrak
Berdasarkan hasil observasi di SMK Negeri 3 Alasa, menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam membaca pemahaman teks ekspoisisi masih kurang memahami dan menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan dalam teks eksposisi. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Metode Membaca Inspeksional (skimming) dalam kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi pada peserta didik serta mengetahui Metode Membaca Inspeksional (skimming) dalam meningkatkan minat dan keefektifan belajar pada peserta didik kelas X-ATPH SMK Negeri 3 Alasa. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunkaan 4 tahapan yakni 1)Perencanaan, 2)Tindakan, 3)Observasi, 4)Refleksi. Pada penelitian ini di laksanakan sebanyak 2 siklus, dan pengumpulan data yang diperoleh dengan menggunakan lembar observasi, lembar penilaian, catatan lapangan, dan dokumnetasi. Berdasarkan pelaksanaan penelitian hasil yang di peroleh pada siklus I dengan nilai terendah 25 dan nilai tertinggi 75 dengan nilai rata-rata 46,25%. Sedangkan pada siklus II adanya peningkatan kemampuan membaca pemhaman siswa dalam menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi dengan hasil yang diperoleh yakni nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 87,5 dengan rata-rata nilai yang diperoleh 81,87%.