KAJIAN STRATEGI PENDIDIKAN NILAI MELALUI BIDANG LINGUISTIK DI ERA GLOBALISASI

Diterbitkan: Apr 22, 2025

Abstrak:

The era of globalization presents complex challenges to the formation of students' character. This article explores an innovative value education strategy through a linguistic approach. This approach emphasizes the understanding and use of language reflectively and responsibly as a foundation for internalizing values. Through discourse, semantic, and pragmatic analysis, students are invited to critique the value messages contained in various texts and interactions, and to develop language skills that are in line with universal values. This article examines the relevance and implementation of a linguistic approach in the context of character education in the global era, and presents pedagogical implications and recommendations for further research.

Era globalisasi menghadirkan tantangan kompleks terhadap pembentukan karakter peserta didik. Artikel ini mengeksplorasi strategi pendidikan nilai yang inovatif melalui pendekatan linguistik. Pendekatan ini menekankan pada pemahaman dan penggunaan bahasa secara reflektif dan bertanggung jawab sebagai fondasi internalisasi nilai-nilai. Melalui analisis wacana, semantik, dan pragmatik, peserta didik diajak untuk mengkritisi pesan-pesan nilai yang terkandung dalam berbagai teks dan interaksi, serta mengembangkan kemampuan berbahasa yang selaras dengan nilai-nilai universal. Artikel ini mengkaji relevansi dan implementasi pendekatan linguistik dalam konteks pendidikan karakter di era global, serta menyajikan implikasi pedagogis dan rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut.

Penulis:
1 . Istiqomah Nurzafira
2 . Aditya Pratama
3 . Jaya Aji
Cara Mengutip
Nurzafira, I., Pratama, A., & Aji, J. (2025). KAJIAN STRATEGI PENDIDIKAN NILAI MELALUI BIDANG LINGUISTIK DI ERA GLOBALISASI. Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 13(1 April), 397–407. Diambil dari https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/Kata/article/view/616