Pengembangan Media Pembelajaran Video Transkrip dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis

Published: Dec 27, 2024

Abstract:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana rancangan dan pengembangan video transkrip Ludique SR sebagai media pembelajaran dalam keterampilan berbicara bahasa Prancis. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kelebihan video tersebut dan persepsi mahasiswa sebagai responden penelitian. Adapun metode yang digunakan adalah metode R&D yang terdiri dari 10 tahapan mulai dari analisis kebutuhan sampai pada produksi masal. Untuk sampel penelitian diambil secara acak yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis FKIP Unila dari semester 3, 5, dan 7. Dengan demikian, berdasarkan data penelitian yang berhasil dikumpukan melalui angket Google Form, diperoleh kesimpulan bahwa rancangan dan pengembangan video tersebut dilakukan sesuai prosedur R&D dari awal hingga akhir. Lalu diperoleh persepsi yang sangat positif terkait video transkrip Ludiqe SR sebagai media pembelajaran bahasa Prancis yang inovatif, kreatif, menarik, dan sangat mudah digunakan serta sangat membantu pengguna dalam menguasai bahasa Prancis yang baik dan benar terutama dalam membaca dan berbicara. Oleh karena itu, responden penelitian menyarankan agar video ini dapat terus dikembangkan dan diperbanyak agar dapat digunakan secara luas.

Keywords:
1. Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis
2. Media Pembelajaran
3. Penelitian Pengembangan
4. Video Transkrip
Authors:
1 . Setia Rini
2 . Diana Rosita
3 . Endang Ikhtiarti
How to Cite
Rini, S., Rosita, D. ., & Ikhtiarti, E. . (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Transkrip dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis. PRANALA (Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis), 7(1), 56–66. https://doi.org/10.23960/pranala.v7i1.835
References

    Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Asyhar, Rayandra. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada

    Beta, P. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 48-52.

    DRABSIA, Y. L. (2018). L’évaluation de la production orale.

    CECRL. (2001). Cadre Éuropéen Commun de Références pour les Langues.

    GÜNDAY, R. (2016). La compétence de la production orale dans la méthode «perspective actionnelle». Istanbul Journal of Innovation in Education, 2(3-2), 15-30.

    Intan, T., & Handayani, V. T. STEREOTIPE PENUTUR BAHASA SUNDA PEMBELAJAR BAHASA PERANCIS: SUATU KAJIAN FONOLOGIS DAN INTERKULTURAL.

    Megawati, M., Harimurti, E. R., Nurwiatin, N., & Nurhasanah, N. (2021). Hubungan Antara Kebiasaan Menonton Film Berbahasa Inggris 44 Menggunakan English Subtitle Dan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris. Research and Development Journal of Education, 7(2), 363- 372.

    Mutiarsih, Y., Broto, D. D. A., & Rakhmat, S. (2009). Pengembangan Model Artikulatoris untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Perancis Siswa SMA dan SMK di Kota dan Kabupaten Bandung. Jurnal Penelitian Vol, 9(1).

    Rakhmat, S., Mutiarsih, Y., & Darmawangsa, D. (2015). Pembelajaran pelafalan bahasa Perancis melalui model artikulatoris pengembangan (Map) berbasis multimedia interaktif. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(1), 92-105.

    Setia, R. I. N. I., & HARDINI, T. I. Design and Development of A Thematic and Illustrated Indonesian-French Dictionary For Beginners. FRANCISOLA, 7(1).

    Satiakemala, S. (2019). TEKNIK WAWANCARA DALAM STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MENYIMAK PADA PEMELAJAR BAHASA PRANCIS. Jurnal Sora: Pernik Studi Bahasa Asing, 4(1), 31-39.

    SMYAN, K. A. (2018). La compétence orale dans l'apprentissage du français. Journal of Tikrit University for Humanities, 25(1), 321-331.

    Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

    Tarigan, T. N. B. (2021). Développement D’apprentissage De La Production Orale Débutant En Utilisant L'application TikTok (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).

    Tomé, M. (2016). Compétences orales et nouvelles technologies dans un cours de français langue étrangère. Cédille. Revista de estudios franceses, (12), 387-401.

    Yuniastuti, M., & Khoiron, M. (2021). Media pembelajaran untuk generasi milenial. Surabaya: Scorpindo Media Pustaka.

  1. Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Asyhar, Rayandra. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada
  2. Beta, P. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 48-52.
  3. DRABSIA, Y. L. (2018). L’évaluation de la production orale.
  4. CECRL. (2001). Cadre Éuropéen Commun de Références pour les Langues.
  5. GÜNDAY, R. (2016). La compétence de la production orale dans la méthode «perspective actionnelle». Istanbul Journal of Innovation in Education, 2(3-2), 15-30.
  6. Intan, T., & Handayani, V. T. STEREOTIPE PENUTUR BAHASA SUNDA PEMBELAJAR BAHASA PERANCIS: SUATU KAJIAN FONOLOGIS DAN INTERKULTURAL.
  7. Megawati, M., Harimurti, E. R., Nurwiatin, N., & Nurhasanah, N. (2021). Hubungan Antara Kebiasaan Menonton Film Berbahasa Inggris 44 Menggunakan English Subtitle Dan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris. Research and Development Journal of Education, 7(2), 363- 372.
  8. Mutiarsih, Y., Broto, D. D. A., & Rakhmat, S. (2009). Pengembangan Model Artikulatoris untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Perancis Siswa SMA dan SMK di Kota dan Kabupaten Bandung. Jurnal Penelitian Vol, 9(1).
  9. Rakhmat, S., Mutiarsih, Y., & Darmawangsa, D. (2015). Pembelajaran pelafalan bahasa Perancis melalui model artikulatoris pengembangan (Map) berbasis multimedia interaktif. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(1), 92-105.
  10. Setia, R. I. N. I., & HARDINI, T. I. Design and Development of A Thematic and Illustrated Indonesian-French Dictionary For Beginners. FRANCISOLA, 7(1).
  11. Satiakemala, S. (2019). TEKNIK WAWANCARA DALAM STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MENYIMAK PADA PEMELAJAR BAHASA PRANCIS. Jurnal Sora: Pernik Studi Bahasa Asing, 4(1), 31-39.
  12. SMYAN, K. A. (2018). La compétence orale dans l'apprentissage du français. Journal of Tikrit University for Humanities, 25(1), 321-331.
  13. Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
  14. Tarigan, T. N. B. (2021). Développement D’apprentissage De La Production Orale Débutant En Utilisant L'application TikTok (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).
  15. Tomé, M. (2016). Compétences orales et nouvelles technologies dans un cours de français langue étrangère. Cédille. Revista de estudios franceses, (12), 387-401.
  16. Yuniastuti, M., & Khoiron, M. (2021). Media pembelajaran untuk generasi milenial. Surabaya: Scorpindo Media Pustaka.

Most read articles by the same author(s)