Pengembangan Media Pembelajaran Video Transkrip dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis
Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana rancangan dan pengembangan video transkrip Ludique SR sebagai media pembelajaran dalam keterampilan berbicara bahasa Prancis. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kelebihan video tersebut dan persepsi mahasiswa sebagai responden penelitian. Adapun metode yang digunakan adalah metode R&D yang terdiri dari 10 tahapan mulai dari analisis kebutuhan sampai pada produksi masal. Untuk sampel penelitian diambil secara acak yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis FKIP Unila dari semester 3, 5, dan 7. Dengan demikian, berdasarkan data penelitian yang berhasil dikumpukan melalui angket Google Form, diperoleh kesimpulan bahwa rancangan dan pengembangan video tersebut dilakukan sesuai prosedur R&D dari awal hingga akhir. Lalu diperoleh persepsi yang sangat positif terkait video transkrip Ludiqe SR sebagai media pembelajaran bahasa Prancis yang inovatif, kreatif, menarik, dan sangat mudah digunakan serta sangat membantu pengguna dalam menguasai bahasa Prancis yang baik dan benar terutama dalam membaca dan berbicara. Oleh karena itu, responden penelitian menyarankan agar video ini dapat terus dikembangkan dan diperbanyak agar dapat digunakan secara luas.
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Asyhar, Rayandra. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada
Beta, P. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 48-52.
DRABSIA, Y. L. (2018). L’évaluation de la production orale.
CECRL. (2001). Cadre Éuropéen Commun de Références pour les Langues.
GÜNDAY, R. (2016). La compétence de la production orale dans la méthode «perspective actionnelle». Istanbul Journal of Innovation in Education, 2(3-2), 15-30.
Intan, T., & Handayani, V. T. STEREOTIPE PENUTUR BAHASA SUNDA PEMBELAJAR BAHASA PERANCIS: SUATU KAJIAN FONOLOGIS DAN INTERKULTURAL.
Megawati, M., Harimurti, E. R., Nurwiatin, N., & Nurhasanah, N. (2021). Hubungan Antara Kebiasaan Menonton Film Berbahasa Inggris 44 Menggunakan English Subtitle Dan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris. Research and Development Journal of Education, 7(2), 363- 372.
Mutiarsih, Y., Broto, D. D. A., & Rakhmat, S. (2009). Pengembangan Model Artikulatoris untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Perancis Siswa SMA dan SMK di Kota dan Kabupaten Bandung. Jurnal Penelitian Vol, 9(1).
Rakhmat, S., Mutiarsih, Y., & Darmawangsa, D. (2015). Pembelajaran pelafalan bahasa Perancis melalui model artikulatoris pengembangan (Map) berbasis multimedia interaktif. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(1), 92-105.
Setia, R. I. N. I., & HARDINI, T. I. Design and Development of A Thematic and Illustrated Indonesian-French Dictionary For Beginners. FRANCISOLA, 7(1).
Satiakemala, S. (2019). TEKNIK WAWANCARA DALAM STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MENYIMAK PADA PEMELAJAR BAHASA PRANCIS. Jurnal Sora: Pernik Studi Bahasa Asing, 4(1), 31-39.
SMYAN, K. A. (2018). La compétence orale dans l'apprentissage du français. Journal of Tikrit University for Humanities, 25(1), 321-331.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tarigan, T. N. B. (2021). Développement D’apprentissage De La Production Orale Débutant En Utilisant L'application TikTok (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).
Tomé, M. (2016). Compétences orales et nouvelles technologies dans un cours de français langue étrangère. Cédille. Revista de estudios franceses, (12), 387-401.
Yuniastuti, M., & Khoiron, M. (2021). Media pembelajaran untuk generasi milenial. Surabaya: Scorpindo Media Pustaka.
- Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Asyhar, Rayandra. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada
- Beta, P. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 48-52.
- DRABSIA, Y. L. (2018). L’évaluation de la production orale.
- CECRL. (2001). Cadre Éuropéen Commun de Références pour les Langues.
- GÜNDAY, R. (2016). La compétence de la production orale dans la méthode «perspective actionnelle». Istanbul Journal of Innovation in Education, 2(3-2), 15-30.
- Intan, T., & Handayani, V. T. STEREOTIPE PENUTUR BAHASA SUNDA PEMBELAJAR BAHASA PERANCIS: SUATU KAJIAN FONOLOGIS DAN INTERKULTURAL.
- Megawati, M., Harimurti, E. R., Nurwiatin, N., & Nurhasanah, N. (2021). Hubungan Antara Kebiasaan Menonton Film Berbahasa Inggris 44 Menggunakan English Subtitle Dan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris. Research and Development Journal of Education, 7(2), 363- 372.
- Mutiarsih, Y., Broto, D. D. A., & Rakhmat, S. (2009). Pengembangan Model Artikulatoris untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Perancis Siswa SMA dan SMK di Kota dan Kabupaten Bandung. Jurnal Penelitian Vol, 9(1).
- Rakhmat, S., Mutiarsih, Y., & Darmawangsa, D. (2015). Pembelajaran pelafalan bahasa Perancis melalui model artikulatoris pengembangan (Map) berbasis multimedia interaktif. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(1), 92-105.
- Setia, R. I. N. I., & HARDINI, T. I. Design and Development of A Thematic and Illustrated Indonesian-French Dictionary For Beginners. FRANCISOLA, 7(1).
- Satiakemala, S. (2019). TEKNIK WAWANCARA DALAM STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MENYIMAK PADA PEMELAJAR BAHASA PRANCIS. Jurnal Sora: Pernik Studi Bahasa Asing, 4(1), 31-39.
- SMYAN, K. A. (2018). La compétence orale dans l'apprentissage du français. Journal of Tikrit University for Humanities, 25(1), 321-331.
- Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
- Tarigan, T. N. B. (2021). Développement D’apprentissage De La Production Orale Débutant En Utilisant L'application TikTok (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).
- Tomé, M. (2016). Compétences orales et nouvelles technologies dans un cours de français langue étrangère. Cédille. Revista de estudios franceses, (12), 387-401.
- Yuniastuti, M., & Khoiron, M. (2021). Media pembelajaran untuk generasi milenial. Surabaya: Scorpindo Media Pustaka.
Most read articles by the same author(s)
- Catherine Fauzia Aliyya Puteri, Endang Ikhtiarti, Setia Rini, Penggunaan Aplikasi Quizizz dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Prancis Siswa Kelas XI SMAN 9 Bandar Lampung , PRANALA (Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis): Vol. 7 No. 1 (2024): PRANALA Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis
- Kainuna Rafa Ilzami, Diana Rosita, Setia Rini, Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Puisi Bahasa Prancis Niveau A1 , PRANALA (Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis): Vol. 7 No. 1 (2024): PRANALA Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis
- Afra Nafisah, Diana Rosita, Indah Nevira Trisna, Optimalisasi Membaca Nyaring dalam Bahasa Prancis: Dampak Iletaitunehistoire.com di SMA Negeri 16 Bandar Lampung , PRANALA (Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis): Vol. 7 No. 1 (2024): PRANALA Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis
- Diana Rosita, Endang Ikhtiarti, Indah Nevira Trisna, Strategi Pembelajaran Membaca Pemahaman Bahasa Prancis Berdasarkan Konstruktivisme di Empat Universitas di Indonesia , PRANALA (Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis): Vol. 7 No. 1 (2024): PRANALA Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis
- Daftia Alfianti Nur, Diana Rosita, Indah Nevira Trisna, Inovasi Media Jeu De Mots Dalam Pembelajaran Gramatikal Bahasa Prancis Siswa Kelas XI SMA Negeri 16 Bandar Lampung , PRANALA (Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis): Vol. 8 No. 1 (2025): PRANALA
- Nur Afriyanti, Nani Kusrini, Endang Ikhtiarti, Analisis Unsur Intrinsik dalam Kumpulan Dongeng Contes de ma mère l’Oye Karya Charles Perrault , PRANALA (Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis): Vol. 8 No. 1 (2025): PRANALA
- Nurul Putri Sabrina, Diana Rosita, Setia Rini, Pengembangan Media Video Transkrip Super Français Bahasa Prancis Niveau A1 , PRANALA (Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis): Vol. 8 No. 1 (2025): PRANALA