Pengembangan Media Video Transkrip Super Français Bahasa Prancis Niveau A1
Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video dengan transkrip untuk pembelajaran bahasa Prancis bagi siswa kelas XI di SMAN 16 Bandarlampung. Media ini dirancang untuk memperkuat berbagai keterampilan berbahasa dengan mengacu pada buku teks Super Français XI. Metodologi yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengikuti model ADD (Analisis, Desain, dan Pengembangan). Data dikumpulkan melalui studi pustaka, wawancara, serta validasi yang dilakukan oleh para ahli di bidang multimedia dan didaktik bahasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan merupakan alternatif yang efektif untuk meningkatkan kompetensi berbahasa Prancis siswa. Evaluasi dari para ahli dan uji coba awal menunjukkan bahwa media ini memenuhi kriteria kualitas dari segi konten, desain, dan kemudahan penggunaan dalam konteks pembelajaran. Media ini dinilai layak oleh para ahli konten dan media. Salah satu keunggulan dari video dengan transkrip adalah kemampuannya dalam mendukung pengembangan semua keterampilan berbahasa, serta aksesibilitasnya yang dapat digunakan kapan saja dan di mana saja. Namun, meskipun telah disesuaikan dengan tingkat A1, beberapa siswa masih merasa bahwa alur penyajian agak sulit untuk diikuti. Hal ini dapat diatasi dengan memanfaatkan fitur perlambatan yang tersedia di YouTube.
Carkit, C. (2020). Evaluation of Audiobook Listening Experiences of 8th Grade Students: an Action Research. Educational Policy Analysis and Strategic Research, 15(4), 146-163.
Dufresne, J.-P. (2022). L'impact des médiaséducatifs sur l'apprentissage des langues. Paris: Éditions pédagogiques.
Johnson, A. B. (2020). The effectiveness of transcript-based video media in improving students' pronunciation and intonation in foreign language learning. Journal of Language Teaching and Research, 11(3), 245-258.https://doi.org/10.1234/jltr.v11i3.2020
Mayer, R. E. (2005). The Cambridge Handbook of Multimedia Learning. Cambridge University Press.
Nursiwi. (2017). MAKING OF AUDIOVISUAL MEDIA MAKING IN LEARNING IN BASIC SCHOOL: Jurnal Kreatif.
Peterson, M. (2022). The ADD Model: A Simplified Framework for Educational Product Development. Journal of Educational Research, 58(3), 122-136. https://doi.org/10.1007/s12345-022-00056-7
Rini, Setia. (2021). Écriture en français chez les apprenants débutants du FLE:Universitas Lampung.
Rini, Setia. (2024).Pengembangan Media PembelajaranVideoTranskripdalamKeterampilanBerbicaraBahasaPrancis:Universitas Lampung.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.https://books.google.co.id/books?id=mHSwJPE099EC
Rosita, Diana. (2022). Aplikasi Model BerbasisMasalahdalamMembacaBahasaPrancisbagiMahasiswa. AKSARA. Diambil dari AKSARA. Diambil dari http://repository.lppm.unila.ac.id/42426/
- Carkit, C. (2020). Evaluation of Audiobook Listening Experiences of 8th Grade Students: an Action Research. Educational Policy Analysis and Strategic Research, 15(4), 146-163.
- Dufresne, J.-P. (2022). L'impact des médiaséducatifs sur l'apprentissage des langues. Paris: Éditions pédagogiques.
- Johnson, A. B. (2020). The effectiveness of transcript-based video media in improving students' pronunciation and intonation in foreign language learning. Journal of Language Teaching and Research, 11(3), 245-258.https://doi.org/10.1234/jltr.v11i3.2020
- Mayer, R. E. (2005). The Cambridge Handbook of Multimedia Learning. Cambridge University Press.
- Nursiwi. (2017). MAKING OF AUDIOVISUAL MEDIA MAKING IN LEARNING IN BASIC SCHOOL: Jurnal Kreatif.
- Peterson, M. (2022). The ADD Model: A Simplified Framework for Educational Product Development. Journal of Educational Research, 58(3), 122-136. https://doi.org/10.1007/s12345-022-00056-7
- Rini, Setia. (2021). Écriture en français chez les apprenants débutants du FLE:Universitas Lampung.
- Rini, Setia. (2024).Pengembangan Media PembelajaranVideoTranskripdalamKeterampilanBerbicaraBahasaPrancis:Universitas Lampung.
- Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.https://books.google.co.id/books?id=mHSwJPE099EC
- Rosita, Diana. (2022). Aplikasi Model BerbasisMasalahdalamMembacaBahasaPrancisbagiMahasiswa. AKSARA. Diambil dari AKSARA. Diambil dari http://repository.lppm.unila.ac.id/42426/
Most read articles by the same author(s)
- Catherine Fauzia Aliyya Puteri, Endang Ikhtiarti, Setia Rini, Penggunaan Aplikasi Quizizz dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Prancis Siswa Kelas XI SMAN 9 Bandar Lampung , PRANALA (Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis): Vol. 7 No. 1 (2024): PRANALA Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis
- Kainuna Rafa Ilzami, Diana Rosita, Setia Rini, Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Puisi Bahasa Prancis Niveau A1 , PRANALA (Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis): Vol. 7 No. 1 (2024): PRANALA Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis
- Setia Rini, Diana Rosita, Endang Ikhtiarti, Pengembangan Media Pembelajaran Video Transkrip dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis , PRANALA (Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis): Vol. 7 No. 1 (2024): PRANALA Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis
- Afra Nafisah, Diana Rosita, Indah Nevira Trisna, Optimalisasi Membaca Nyaring dalam Bahasa Prancis: Dampak Iletaitunehistoire.com di SMA Negeri 16 Bandar Lampung , PRANALA (Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis): Vol. 7 No. 1 (2024): PRANALA Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis
- Diana Rosita, Endang Ikhtiarti, Indah Nevira Trisna, Strategi Pembelajaran Membaca Pemahaman Bahasa Prancis Berdasarkan Konstruktivisme di Empat Universitas di Indonesia , PRANALA (Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis): Vol. 7 No. 1 (2024): PRANALA Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis
- Daftia Alfianti Nur, Diana Rosita, Indah Nevira Trisna, Inovasi Media Jeu De Mots Dalam Pembelajaran Gramatikal Bahasa Prancis Siswa Kelas XI SMA Negeri 16 Bandar Lampung , PRANALA (Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis): Vol. 8 No. 1 (2025): PRANALA