Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Puisi Bahasa Prancis Niveau A1

Published: Dec 27, 2024

Abstract:

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa buku saku dengan materi puisi bahasa Prancis niveau A1. Motede yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Buku saku puisi bahasa Prancis niveau A1 ini juga mendapatkan hasil penilaian evaluasi pengguna menggunakan Skala Likert dengan jumlah skor berada dalam rentang sangat baik (721 sampai 960), yaitu 837. Media buku saku ini memiliki kelebihan sebagai media yang mudah dipahami isinya, memudahkan dalam mempelajari puisi bahasa Prancis, praktis, dan mudah dibawa ke mana-mana. Lalu, kekurangan media buku ini adalah ukuran terlalu kecil, desain sampul kurang menarik, mudah robek, dan tidak ada terjemahan bahasa Indonesia pada puisi bahasa Prancis.

Keywords:
1. Buku saku
2. Puisi Bahasa Prancis
3. R&D
Authors:
1 . Kainuna Rafa Ilzami
2 . Diana Rosita
3 . Setia Rini
How to Cite
Ilzami, K. R., Rosita, D., & Rini, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Puisi Bahasa Prancis Niveau A1. PRANALA (Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis), 7(1), 44–55. https://doi.org/10.23960/pranala.v7i1.834
References

    Conseil de l’Europe. (2001). Cadre europeen commun de reference pour les langues (Les Éditio). Unité des Politiques linguistiques.

    Dharma, K. K. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan. CV. Trans Info Media.

    Mustari, M., & Sari, Y. (2017). Pengembangan Media Gambar Berupa Buku Saku Fisika SMP Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 113–123.

    Nurhadi, J. (2023). Manfaat Penulisan Puisi. Diambil dari https://sastraindonesia.upi.edu/2023/02/03/manfaat-penulisan-puisi

    Prasetyo, I. (2012). Teknik Analisis Data dalam Research and Development. PLS FIP Universitas Negeri Yogyakarta, 6, 11.

    Rini, S. (2023). Opini: Belajar Bahasa Asing Tak Harus Jadi Orang Asing, Belajar Bahasa Prancis Tak Mesti Jadi Orang Prancis. Diambil dari Wartalampung. https://www.wartalampung.id/opini-belajar-bahasa-asing-tak-harus-jadi-orang-asing-belajar-bahasa-prancis-tak-mesti-jadi-orang-prancis.html

    Risal, Z., Hakim, R., & Abdullah, A. R. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development (R&D) – Konsep, Teori-Teori, dan Desain Penelitian. CV. Literasi Nusantara Abadi.

    Rosita, D., & Kusrini, N. (2021). Description de la compréhension du CECR Niveau A1 pour les enseignants de français dans les écoles secondaires à Bandar Lampung. Jurnal Ilmu Budaya, 9, 22–36.

    Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

    Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.

    Wahab, A., Junaedi, Efendi, D., Prastyo, H., Sari, D. P., Syukriani, A., Febriyanni, R., Rawa, N. R., Saija, L. M., & Wicaksono, A. (2021). Media Pembelajaran Matematika. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

  1. Conseil de l’Europe. (2001). Cadre europeen commun de reference pour les langues (Les Éditio). Unité des Politiques linguistiques.
  2. Dharma, K. K. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan. CV. Trans Info Media.
  3. Mustari, M., & Sari, Y. (2017). Pengembangan Media Gambar Berupa Buku Saku Fisika SMP Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 113–123.
  4. Nurhadi, J. (2023). Manfaat Penulisan Puisi. Diambil dari https://sastraindonesia.upi.edu/2023/02/03/manfaat-penulisan-puisi
  5. Prasetyo, I. (2012). Teknik Analisis Data dalam Research and Development. PLS FIP Universitas Negeri Yogyakarta, 6, 11.
  6. Rini, S. (2023). Opini: Belajar Bahasa Asing Tak Harus Jadi Orang Asing, Belajar Bahasa Prancis Tak Mesti Jadi Orang Prancis. Diambil dari Wartalampung. https://www.wartalampung.id/opini-belajar-bahasa-asing-tak-harus-jadi-orang-asing-belajar-bahasa-prancis-tak-mesti-jadi-orang-prancis.html
  7. Risal, Z., Hakim, R., & Abdullah, A. R. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development (R&D) – Konsep, Teori-Teori, dan Desain Penelitian. CV. Literasi Nusantara Abadi.
  8. Rosita, D., & Kusrini, N. (2021). Description de la compréhension du CECR Niveau A1 pour les enseignants de français dans les écoles secondaires à Bandar Lampung. Jurnal Ilmu Budaya, 9, 22–36.
  9. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
  10. Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.
  11. Wahab, A., Junaedi, Efendi, D., Prastyo, H., Sari, D. P., Syukriani, A., Febriyanni, R., Rawa, N. R., Saija, L. M., & Wicaksono, A. (2021). Media Pembelajaran Matematika. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Most read articles by the same author(s)