Optimalisasi Membaca Nyaring dalam Bahasa Prancis: Dampak Iletaitunehistoire.com di SMA Negeri 16 Bandar Lampung

Published: Dec 27, 2024

Abstract:

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas siswa dalam membaca nyaring sebelum dan sesudah menggunakan situs “iletaitunehistoire.com”. Menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini memiliki subjek yakni kelas XI 4 berjumlah 31 siswa. Analisis data menggunakan uji-t, uji n-gain, uji normalitas dan uji homogenitas dengan menggunakan SPSS 22. Berdasarkan hasil data yang terkumpul, pre-test mempunyai nilai rata-rata sebesar 39, 68 dan post-test mempunyai nilai rata-rata sebesar 60,48. Dengan demikian, hasilnya mendapat peningkatan sebesar 20,8. Kemudian diperoleh nilai uji-t dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test dengan hasil uji gain n sebesar 0,34 yang dimasukkan dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil angket, didapati bahwa situs “iletaitunehistoire.com” mudah diakses, mempunyai tampilan yang sangat menarik dan fitur-fitur yang membantu siswa dalam membaca, pelafalan siswa lebih baik dari sebelumnya dan menjadi salah satu pilihan media untuk belajar di rumah. Namun, situs ini masih memiliki kekurangan diantaranya terbatasnya pilihan bacaan puisi yang tersedia di situs, kosakata yang sulit, dan kurangnya penjelasan makna puisi.

Keywords:
1. Membaca Nyaring
2. Media Pembelajaran
3. Situs Iletaitunehistoire.com
Authors:
1 . Afra Nafisah
2 . Diana Rosita
3 . Indah Nevira Trisna
How to Cite
Nafisah, A., Rosita, D., & Trisna, I. N. (2024). Optimalisasi Membaca Nyaring dalam Bahasa Prancis: Dampak Iletaitunehistoire.com di SMA Negeri 16 Bandar Lampung. PRANALA (Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis), 7(1), 67–78. https://doi.org/10.23960/pranala.v7i1.836
References

    Agustina, N. (2011). Penggunaan Media Animasi dalam Proses Pembelajaran Membaca Nyaring Bahasa Prancis. Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia.

    Alvianto, V. (2019). MK Pengembangan Media Berbasis TI_Vicky Alvianto (Membaca Nyaring) (pp. 1–14).

    Asih, R. (2021). Keterampilan Membaca. K-Media.

    Dalman, D. (2014). Keterampilan Membaca (Revisi). Rajawali Pers.

    Kosasih. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya. 170 hlm.

    Mahsunah, Dian. 2012. Guru Kelas SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

    Nurgiyantoro, B. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. BPFE Yogyakarta.

    Rosita, D. (2018). Kelasa 2019.pdf. Kelasa, 13, 1–114.

    Sanjaya, I. B. (2014). Keefektifan Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Bahasa Prancis Siswa Kelas XI SMK N 1 Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.[Pdf](Https …, 1–207.

    Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

    Sudjana, & Rivai. (2010). Media Pengajaran. Sinar Biru Algesindo.

    Tarigan, Henry Guntur. 1991. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa. 243 hlm.

    Uliyah, H. M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengkonjugasian Verba Mata Kuliah Tata Bahasa Prancis A1. 2 (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

    Yanti, P. G., & Fauzyah, D. R. (2016). Pengaruh Tingkat Kepercayaan Diri (Self Confidence) Terhadap Kemampuan Membaca Puisi. LINGUA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(2), 133-140.

  1. Agustina, N. (2011). Penggunaan Media Animasi dalam Proses Pembelajaran Membaca Nyaring Bahasa Prancis. Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia.
  2. Alvianto, V. (2019). MK Pengembangan Media Berbasis TI_Vicky Alvianto (Membaca Nyaring) (pp. 1–14).
  3. Asih, R. (2021). Keterampilan Membaca. K-Media.
  4. Dalman, D. (2014). Keterampilan Membaca (Revisi). Rajawali Pers.
  5. Kosasih. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya. 170 hlm.
  6. Mahsunah, Dian. 2012. Guru Kelas SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
  7. Nurgiyantoro, B. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. BPFE Yogyakarta.
  8. Rosita, D. (2018). Kelasa 2019.pdf. Kelasa, 13, 1–114.
  9. Sanjaya, I. B. (2014). Keefektifan Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Bahasa Prancis Siswa Kelas XI SMK N 1 Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.[Pdf](Https …, 1–207.
  10. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
  11. Sudjana, & Rivai. (2010). Media Pengajaran. Sinar Biru Algesindo.
  12. Tarigan, Henry Guntur. 1991. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa. 243 hlm.
  13. Uliyah, H. M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengkonjugasian Verba Mata Kuliah Tata Bahasa Prancis A1. 2 (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
  14. Yanti, P. G., & Fauzyah, D. R. (2016). Pengaruh Tingkat Kepercayaan Diri (Self Confidence) Terhadap Kemampuan Membaca Puisi. LINGUA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(2), 133-140.