PELATIHAN PERANCANGAN ASESMEN PEMBELAJARAN PARADIGMA BARU BAGI GURU SMP DAN SMK YAYASAN AMAL BAKTI JATI MULYO KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN
Abstract:
Pelatihan Perancangan Asesmen Pembelajaran paradigma baru bagi guru SMP dan SMK Amal Bakti bertujuan (1) meningkatkan pengetahuan guru di tingkat SMP dan SMK tentang hakikat/paradigma dasar perancangan asesmen pembelajaran paradigma baru secara umum,(2) meningkatkan kemampuan merancang asesmen pembelajaran tingkat SMP dan SMK sesuai dengan karakteristik asesmen pembelajaran paradigma baru yang selaras dengan Kurikulum Merdeka Belajar. Kegiatan ini menggunakan metode pelatihan secara tatap muka maupun daring yang diikuti oleh 60 orang guru Yayasan Amal Bakti Jati Mulyo terdiri dari guru SMK yang berjumlah 36 peserta dan guru SMP berjumlah 24 orang. Hasil Pelatihan menunjukkan bahwa 100 % peserta berpartisipasi aktif dalam diskusi dan presentasi hasil perancangan asesmen pembelajaran. Semua peserta sudah paham konsep asesmen pembelajaran paradigma baru KMB. Hal ini juga sesuai dengan hasil kinerja peserta dalam merancang asesmen pembelajaran yang dituangkan di dalam Modul Ajar dimana 80 % peserta sudah dapat merancang asesmen dengan baik, peserta sudah dapat merancang instrumen dan penilaian dalam bentuk tes dan non tes yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Sementara 20% lainnya masih mengalami kendala dalam merancang instrumen pembelajaran yang sesuai dengan indikator ketercapaian tujuan pembelajaran.
Training on New Paradigm of Assessment and Instruction for SMP and SMK Amal Bakti teachers aims at (1) improving SMP and SMK teachers’ knowledge about new paradigm of assessment, (2) enhancing their ability in developing instructional assessment based on the demand of new paradigm implemented in KMB. The training was conducted both in workshop and Online discussion. The participants were 60 teachers of Yayasan Amal Bakti Lampung Selatan which consists of 36 Junior High School teachers (SMP) and 24 Vocational high school (SMK) teachers. The results of the training indicates that 100% of teachers actively participated in workshop activities and presented the results of their assessment design based on the school subjects they teach. All of them already understood the concept of KMB and its implementation in Teaching English in Junior High School (SMP). All of the participants have understood the concept of new paradigm of assessment adopted in KMB. It also noticed that 80 % of teachers who joined in this activity could design the assessment in their lesson plans well. Most of them could determine the indicators of learning achievement, types of alternative instruments used and scoring procedures as well. However, 20 % others still got obstacles in designing the appropriate assessment which goes with the learning outcomes stated in Curriculum.
Most read articles by the same author(s)
- Cucu Sutarsyah, Hery Yufrizal, Budi Kadaryanto, Endang Komariah, PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL DALAM MERENCANKAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS TPACK UNTUK GURU BAHASA INGGRIS DI SMP DI KECAMATAN TELUK PANDAN, KAB. PESAWARAN MELALUI KEGIATAN MGMP , Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Vol. 3 No. 2, Okt (2024): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
- Fajar Riyantika, Feni Munifatullah, Dian Shafwati, Endang Komariah, PELATIHAN MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF BAGI GURU SMA DI SMA YP UNILA , Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Vol. 3 No. 2, Okt (2024): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat