PELATIHAN MEMIMPIN LAGU DENGAN METODE HAND SIGN KODALY BAGI GURU PAUD DI-KOTA BANDAR LAMPUNG
Abstract:
Kegiatan belajar di PAUD menitikberatkan pada upaya pengoptimalan perkembangan potensi Anak Usia Dini (AUD). Pembelajaran di PAUD seringkali menggunakan lagu sebagai media ajarnya, selain karena materi ajar di PAUD berbasis tema, pembelajaran yang disampaikan guru pun haruslah menyenangkan, maka harapannya capaian pembelajaran akan lebih optimal menggunakan lagu. Adapun aktivitas belajar dengan media lagu ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan bernyanyi dan dengan memainkan alat musik. Namun, kemampuan guru dalam mengarahkan siswa memainkan lagu anak saat ini cukup terbatas. Melihat pentingnya peranan musik/lagu dalam pembelajaran di PAUD dan perlunya mengetahui metode pembelajaran musik yang efektif digunakan pada proses pembelajaran musik di PAUD, maka dirasa perlu untuk mengadakan pelatihan memimpin lagu dengan menggunakan metode hand sign Kodaly bagi guru-guru PAUD di Kota Bandar Lampung, yang akan di laksanakan di Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD Kecamatan Labuhan Ratu, Kota Bandar Lampung. Sehingga setelah pelatihan ini para guru PAUD diharapkan memiliki pemahaman tentang ragam metode pembelajaran musik dan bagaimana proses implementasinya pada pembelajaran musik di PAUD. Hasil yang dicapai dari pelatihan ini secara umum adanya peningkatan pemahaman, keterampilan dan sikap terhadap materi ajar penggunaan metode hand sign pada pembelajaran musik.
Learning activities at PAUD(Pendidikan Anak Usia Dini) focus efforts to optimize the potential development of Early Childhood. Learning ini PAUD often uses songs as a teaching medium, apart from the fact that teaching material in PAUD is theme-based, the learning delivered by the teacher must also be fun, so it is hoped that learning outcomes will be more optimal using songs. This learning activity using song media can be done in two ways, namely by singing and by playing a musical instrument. However, teacher’s ability to direct students to play children’s songs is currently quite limited, the methods used are deened not effective enough, coupled with the problem of AUD student’s ability to read musical notation which has not been mastered well. Seeing the important role of music/songs in learning PAUD and the need to know effective music learning methods used in the music learning process inPAUD, it is deened necessary to hold song leading training using the Kodaly hand sign method for PAUD teacher’s in Bandar lampung City, which will be held at the PAUD Cluster Activity Center (PKG) Labuhan Ratu District. So that after this training, PAUD teachers are expected to have an understanding of various music learning methods and how to implement them in music learning in PAUD. The results achieved from this training are generally an increase in understanding, skills and attitudes toward teaching material using the hand sign method in music learning.
Most read articles by the same author(s)
- Riyan Hidayatullah, Sumarti Sumarti, Prisma Tejapermana, Muharsyam Dwi Anantama, PELATIHAN MUSIKALISASI PUISI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DAYA EKSPRESI DAN KREATIVITAS GURU DI SEKOLAH YP UNILA , Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Vol. 3 No. 2, Okt (2024): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
- Bambang Riadi, Riyan Hidayatullah, OPTIMALISASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN BUATAN (AI) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU , Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Vol. 3 No. 2, Okt (2024): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat