PELATIHAN GAMOLAN BAGI GURU SMP/M.TS-SMA/MA/SMK SE-KABUPATEN TANGGAMUS

Published: Sep 15, 2022

Abstract:

Pembelajaran Musik adalah bagian dari mata pelajaran seni dan budaya di SMP/M.Ts-SMA/MA/SMK se-Kabupaten Tanggamus selama ini ada yang berjalan walau belum baik namun juga ada yang belum berjalan sama sekali. Masalah utama adalah kurikulum yang belum mengakomodir adanya pelajaran seni budaya terutama sekolah agama, yang paling utama adalah belum tersedianya guru yang sesuai dengan ijazahnya yaitu sarjana pendidikan musik apalagi guru musik yang ahli dalam bidang musik etnik umunya sekolah belum belum ada. Oleh sebab itu maka diadakan pelatihan gamolan. Gamolan merupakan salah satu alat musik tradisi Lampung yang sangat praktis, mudah, murah serta dapat dimainkan oleh semua peserta didik. Pada acara pelatihan berjalan dengan baik dimana para guru sangat antusias dan dapat mengikuti acara pelatihan sampai selesai, bahkan saran dari guru untuk dilakukan pelatihan lanjutan. Metode ceramah untuk menjelaskan manfaat kemampuan bermain gamolan, bagian-bagian gamolan, dan cara bermain gamolan. Metode demonstrasi untuk memberikan contoh memainkan gamolan dengan tabuh layang kasiwan, dan memainkan gamolan untuk mengiringi Lagu Gamolan Sakti.

Music learning is a part of arts and culture subjects at SMP/M.Ts-SMA/MA/SMK throughout Tanggamus Regency. So far, some have been running, although not well, and others have not. The main problem is the curriculum that has not accommodated cultural arts lessons, especially in religious schools. The main thing is the unavailability of teachers following their diplomas, namely music education graduates, especially music teachers who are experts in the field of ethnic music. Therefore, the gamelan training was held. Gamolan is one of the traditional Lampung musical instruments that are very practical, easy, cheap, and can be played by all students. The training event went well, where the teachers were very enthusiastic and could follow the training event until it was finished, even suggestions from the teacher for further training. The lecture method explains the benefits of playing gamelan, parts of gamelan, and how to play gamelan. The demonstration method is to give an example of playing the gamelan with the tabuh laying kasiwan, and playing the gamelan to accompany the song Gamolan Sakti.

Keywords:
1. Gamolan
2. teacher
3. Training
Authors:
1 . Hasyimkan Hasyimkan
2 . Agung Hero Hernanda
3 . Bian Pamungkas
4 . Prisma Tejapermana
5 . Gita Kristina Erlina Pasaribu
6 . Himawan Dwi Caksono Algibran
How to Cite
Hasyimkan, H., Hernanda, A. H., Pamungkas, B., Tejapermana, P., Pasaribu, G. K. E., & Algibran, H. D. C. (2022). PELATIHAN GAMOLAN BAGI GURU SMP/M.TS-SMA/MA/SMK SE-KABUPATEN TANGGAMUS. Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2, September), 125–135. Retrieved from https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/ela/article/view/401
References

    Alghifarry, M. B., Wahdini, M., Oktaviana, & Anestatia, A. I. (2020). Identifikasi Potensi Mineral Tambang di Daerah Tanggamus Menggunakan Citra Landsat 8. Jurnal Geosains Dan Remote Sensing, 1(2), 97-104. https://doi.org/10.23960/jgrs.2020.v1i2.46

    Barnawi, E. (2021). Pelatihan Alat Musik Gamolan Lampung untuk Forum Mulei Menganai Panaragan sebagai Peningkatan Keterampilan Kesenian Tradisional Lampung di Tiyuh Panaragan Kabupaten Tulang Bawang Barat. Jurnal Sumbangsih, 2(1), 15-24. https://doi.org/10.23960/jsh.v2i1.27

    Hasyimkan. (2019). Kajian Syair Pada Warahan Klasik Tentang Gamolan Instrumen Musik Tradisional Lampung. 3(1), 15-30.

    Hasyimkan. (2022). Pelatihan Gamolan Bagi Guru SMP/MTs-SMA/MA/SMK SeKabupaten Pringsewu. 1(1), 87-92.

    Hidayatullah, H. dan R. (2020). Musik Tradisional Lampung: Gamolan, Rebana dan Hadrah. Difa FKIP Unila, 1999(December), 1-6.

    Redy Susanto, E. (2021). Sistem Informasi Geografis (Gis) Tempat Wisata Di Kabupaten Tanggamus. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 125-135. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

    Winarno, I. A. M. & W. W. (2013). St Ay. Evaluasi Tingkat Pengguna Sistem Informasi Cyber Campus(Sicyca) Dengan Model Delone Dan Mclean, 10-18.

  1. Alghifarry, M. B., Wahdini, M., Oktaviana, & Anestatia, A. I. (2020). Identifikasi Potensi Mineral Tambang di Daerah Tanggamus Menggunakan Citra Landsat 8. Jurnal Geosains Dan Remote Sensing, 1(2), 97-104. https://doi.org/10.23960/jgrs.2020.v1i2.46
  2. Barnawi, E. (2021). Pelatihan Alat Musik Gamolan Lampung untuk Forum Mulei Menganai Panaragan sebagai Peningkatan Keterampilan Kesenian Tradisional Lampung di Tiyuh Panaragan Kabupaten Tulang Bawang Barat. Jurnal Sumbangsih, 2(1), 15-24. https://doi.org/10.23960/jsh.v2i1.27
  3. Hasyimkan. (2019). Kajian Syair Pada Warahan Klasik Tentang Gamolan Instrumen Musik Tradisional Lampung. 3(1), 15-30.
  4. Hasyimkan. (2022). Pelatihan Gamolan Bagi Guru SMP/MTs-SMA/MA/SMK SeKabupaten Pringsewu. 1(1), 87-92.
  5. Hidayatullah, H. dan R. (2020). Musik Tradisional Lampung: Gamolan, Rebana dan Hadrah. Difa FKIP Unila, 1999(December), 1-6.
  6. Redy Susanto, E. (2021). Sistem Informasi Geografis (Gis) Tempat Wisata Di Kabupaten Tanggamus. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 125-135. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
  7. Winarno, I. A. M. & W. W. (2013). St Ay. Evaluasi Tingkat Pengguna Sistem Informasi Cyber Campus(Sicyca) Dengan Model Delone Dan Mclean, 10-18.