JURNAL SELAKSA MAKNA

Jurnal Selaksa Makna merupakan wadah ilmiah yang khusus menyajikan hasil kajian koseptual/teoretis dan penelitian bidang pendidikan, bahasa, sastra, dan pembelajaran. Jurnal Selaksa Makna terbit empat kali dalam satu tahun, pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November. Jurnal Selaksa Makna diterbitkan oleh FKIP Universitas Lampung, melalui Program Studi Pendidikan Bahasa Lampung.

E-ISSN: 3089-9796

Readmore

Jurnal Selaksa Makna merupakan wadah ilmiah yang khusus menyajikan hasil kajian koseptual/teoretis dan penelitian bidang pendidikan, bahasa, sastra, dan pembelajaran. Jurnal Selaksa Makna terbit empat kali dalam satu tahun, pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November. Jurnal Selaksa Makna diterbitkan oleh FKIP Universitas Lampung, melalui Program Studi Pendidikan Bahasa Lampung.

E-ISSN: 3089-9796

Published
2025-06-02

Articles

MEMAHAMI MACAM-MACAM RIBA: PENJELASAN BUYA YAHYA DARI KITAB TAQRIB BAB RIBA

Islam as a comprehensive religion regulates all aspects of life, including the economy, by emphasizing the importance of avoiding the practice of usury. This study aims to understand and analyze Buya Yahya's lectures on usury, delivered through his official YouTube channel. The method used is descriptive qualitative, in which the researcher listens to the lecture directly, records the key points, and analyzes the content of the lecture using content analysis techniques. The results showed that usury, which is prohibited in Islam, consists of several types, including usury of fadhl, usury of nasi'ah, and usury of qardh. Riba fadhl occurs in the exchange of unequal goods of the same kind, riba nasi'ah relates to delayed payment, and riba qardh involves additions in loans. Buya Yahya's explanation emphasizes that even though the transaction is not directly harmful, violating the provisions of the sharia is still considered haram. The phenomenon of high usury practices in Indonesia reflects the lack of public understanding of its negative consequences, which can lead to an economic crisis. Therefore, it is important for Muslims to have an in-depth understanding of usury and its effects, as well as apply sharia principles in every economic activity. This research is expected to increase public awareness to stay away from all forms of usury transactions, both individually and institutionally, in order to achieve economic welfare in accordance with Islamic teachings.   Islam sebagai agama yang menyeluruh mengatur seluruh aspek kehidupan, termasuk ekonomi, dengan menekankan pentingnya menjauhi praktik riba. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis ceramah Buya Yahya mengenai riba, yang disampaikan melalui kanal YouTube resmi beliau. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, di mana peneliti mendengarkan ceramah secara langsung, mencatat poin-poin penting, dan menganalisis isi ceramah dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa riba, yang dilarang dalam Islam, terdiri dari beberapa jenis, termasuk riba fadhl, riba nasi’ah, dan riba qardh. Riba fadhl terjadi dalam pertukaran barang sejenis yang tidak setara, riba nasi’ah berkaitan dengan penundaan pembayaran, dan riba qardh melibatkan tambahan dalam pinjaman. Penjelasan Buya Yahya menekankan bahwa meskipun transaksi tidak merugikan secara langsung, pelanggaran terhadap ketentuan syariat tetap dianggap haram. Fenomena tingginya praktik riba di Indonesia mencerminkan kurangnya pemahaman masyarakat terhadap konsekuensi negatifnya, yang dapat mengakibatkan krisis ekonomi. Oleh karena itu, penting bagi umat Islam untuk memiliki pemahaman yang mendalam mengenai riba dan dampaknya, serta menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam setiap aktivitas ekonomi. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjauhi segala bentuk transaksi ribawi, baik secara individu maupun kelembagaan, demi mencapai kesejahteraan ekonomi yang sesuai dengan ajaran Islam.

PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PAI PADA MATA KULIAH KEASWAJAAN DI UNIVERSITAS SUNAN GIRI SURABAYA

The results of the Pendidikan Agama Islam (PAI) master's course at Universitas Sunan Giri Surabaya are influenced by the discussion method Ex post facto research is conducted using data collection techniques such as observation, documentation, and angket. The study sample is composed of two puluh PAI semester kedua students who were interviewed in a purposive sampling. The results of the data analysis using the Yule's-Q rumus show that Qxy = 0,639, indicating that the discussion method has a significant positive effect on learning outcomes. Prior to intervention, only 29% of students were able to understand the material; however, when the discussion method was used, the percentage increased to 65%. This indicates that the discussion method is effective in increasing students' active participation, understanding of the philosophical concept of Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja), and ability to critically think.  According to this study, the discussion method can be used as an alternative for interactive learning in a curriculum that focuses on local kearifan and keislaman.   Hasil belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) pada mata kuliah Keaswajaan di Universitas Sunan Giri Surabaya dipengaruhi oleh metode diskusi. Penelitian dilakukan ex post facto dengan teknik pengumpulan data melalui angket, dokumentasi, dan observasi.  Sample penelitian terdiri dari dua puluh siswa PAI semester kedua yang dipilih secara purposive sampling. Hasil analisis data menggunakan rumus Yule's-Q menunjukkan nilai Qxy = 0,639, yang menunjukkan bahwa metode diskusi memiliki efek positif yang signifikan terhadap hasil belajar yang lebih baik. Sebelum intervensi, hanya 29% mahasiswa yang mampu memahami materi, namun setelah penerapan metode diskusi, persentase meningkat menjadi 65%. Temuan ini menunjukkan bahwa metode diskusi efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa, pemahaman mereka tentang konsep filosofis Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja), dan kemampuan berpikir kritis mereka. Berdasarkan penelitian ini, metode diskusi dapat digunakan sebagai alternatif untuk pembelajaran interaktif dalam mata kuliah yang berfokus pada nilai-nilai keislaman dan kearifan lokal.

ANALISIS BUKU AJAR BAHASA ARAB KELAS X MA BERBASIS KURIKULUM 2013 KARYA CHOIRUL ANSORI 2015

From the review that has been conducted on the Arabic textbook for class X MA by Choirul Ansori based on the 2013 curriculum, that this book is one of the most important textbooks for students at the Madrasah Aliyah level. So that the author feels the need to evaluate to find out both the material, design, and the extent to which the content of the material in this book presents an effective learning concept for students. This analysis includes several important aspects, namely: (1) the suitability of the material presented in the book with the basic competencies and achievement indicators set in the curriculum, (2) the learning methods used in the book, and (3) the effectiveness of the book in supporting the Arabic language learning process at Madrasah Aliyah level. This research uses a qualitative approach with library research to analyze the concept of this textbook. The results of the study explain that this book focuses on four maharah developments, namely kalam, qiro'ah, kitabah, and istima'. However, this book is packaged and then divided into several materials, such as hiwar, qowa'id, mufrodat, and accompanied by exercises related to the material in the chapter. While the 2013 curriculum is a set of guidelines implemented in Indonesia which is used as a reference in educational units to achieve the desired goals. This curriculum was introduced by the minister of education with the aim that students do not only focus on academic values at school, but also on their academic performance.   Dari telaah yang telah dilakukan pada buku ajar bahasa Arab kelas X MA karya Choirul Ansori berbasis kurikulum 2013, bahwa buku ini adalah salah satu buku ajar yang sangat penting bagi siswa di tingkat Madrasah Aliyah. Sehingga penulis merasa perlu  mengevaluasi untuk mengetahui baik itu materi, desain, serta sejauh mana isi materi dalam buku ini menyajikan konsep pembelajaran yang efektif bagi siswa. Analisis ini mencakup beberapa aspek penting, yaitu: (1) kesesuaian materi yang disajikan dalam buku dengan kompetensi dasar dan indikator pencapaian yang ditetapkan dalam kurikulum, (2) metode pembelajaran yang digunakan dalam buku, serta (3) efektivitas buku dalam mendukung proses pembelajaran bahasa Arab di tingkat Madrasah Aliyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kepustakaan (library research) untuk menganalisis konsep buku ajar ini. Hasil penelitian menjelaskan bahwa buku ini berfokus kepada empat pengembangan maharah, yaitu kalam, qiro’ah, kitabah, dan istima’. Akan tetapi dalam buku ini di kemas kemudian di bagi lagi ke dalam beberapa materi, seperti hiwar, qowa’id, mufrodat, dan disertai latihan-latihan terkait materi pada bab tersebut. Sedangkan kurikulum 2013 adalah seperangkat pedoman yang diterapkan di Indonesia yang dijadikan sebagai acuan dalam satuan pendidikan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Kurikulum ini di kenalkan oleh mentri pendidikan dengan tujuan agar siswa tidak hanya berfokus kepada nilai-nilai akademik di sekolah, akan tetapi juga mengimplementasikan pengembangan karakter seperti nilai moral dan etika, serta sikap positif yang di perlukan dalam penerapan di kehidupan sehari-hari.

AKHLAK YANG BAIK: JUJUR DAN AMANAH SEBAGAI PONDASI KEHIDUPAN YANG HARMONIS

Good morals, honesty, and trustworthiness are three very important concepts in everyday life. Good morals include good and commendable behavior, honesty means telling the truth and not lying, while trustworthiness means being trustworthy and reliable. These three concepts are interrelated and can help individuals become better and more respected people. This study aims to determine how good morals, honesty, and trustworthiness can be the foundation of a harmonious life. By having good morals, individuals can build trust with others and improve their reputation. Honesty and trustworthiness can also help individuals become more trustworthy and reliable. The results of the study show that good morals, honesty, and trustworthiness can bring many benefits in everyday life. Individuals who have good morals, honesty, and trustworthiness can build harmonious relationships with others, increase their trust and reputation, and become better and more respected people. In conclusion, good morals, honesty, and trustworthiness are three very important concepts in everyday life. By having good morals, honesty, and trustworthiness, individuals can become better people and be more respected by others. Therefore, it is important for us to understand and practice good morals, honesty, and trustworthiness in our daily lives.   Akhlak yang baik, jujur, dan amanah merupakan tiga konsep yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Akhlak yang baik mencakup perilaku yang baik dan terpuji, jujur berarti mengatakan kebenaran dan tidak berbohong, sedangkan amanah berarti dapat dipercaya dan diandalkan. Ketiga konsep ini saling terkait dan dapat membantu individu menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih dihormati oleh orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana akhlak yang baik, jujur, dan amanah dapat menjadi pondasi kehidupan yang harmonis. Dengan memiliki akhlak yang baik, individu dapat membangun kepercayaan dengan orang lain dan meningkatkan reputasi mereka. Jujur dan amanah juga dapat membantu individu menjadi lebih dapat dipercaya bagi dan diandalkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akhlak yang baik, jujur, dan amanah dapat membawa banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Individu yang memiliki akhlak yang baik, jujur, dan amanah dapat membangun hubungan yang harmonis dengan orang lain, meningkatkan kepercayaan dan reputasi mereka, serta menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih dihormati. Dalam kesimpulan, akhlak yang baik, jujur, dan amanah merupakan tiga konsep yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memiliki akhlak yang baik, jujur, dan amanah, individu dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih dihormati oleh orang lain. Oleh karena itu, penting kita untuk memahami dan mengamalkan akhlak yang baik, jujur, dan amanah dalam kehidupan sehari-hari.

MANFAAT APLIKASI GOOGLE FORM SEBAGAI ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MAHASISWA KELAS WEEKEND STIT MADANI YOGYAKARTA

This study aims to determine the use of the Google Form application as a learning evaluation tool for Islamic Religious Education weekend students of STIT Madani Yogyakarta. Using a qualitative approach, data were collected through literature study, observation, interviews, and literature studies. Data analysis was performed using the Miles and Huberman model. The results showed that the use of Google Forms provides convenience for students and lecturers in the assessment process, especially in weekend classes that rely more on technology. This research provides an overview of the importance of technology integration in learning to improve the efficiency and effectiveness of the evaluation process. It is hoped that the results of this research can make a positive contribution to the development of online learning assessment methods in educational institutions.   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi Google Form sebagai alat evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam Mahasiswa kelas weekend STIT Madani Yogyakarta. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan studi literatur. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Google Form memberikan kemudahan bagi mahasiswa dan dosen dalam proses penilaian, terutama pada kelas weekend yang lebih mengandalkan teknologi. Penelitian ini memberikan gambaran tentang pentingnya integrasi teknologi dalam pembelajaran untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses evaluasi. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan metode penilaian pembelajaran daring di institusi pendidikan.

THE ROLE OF LEADERSHIP AND STRATEGIC MANAGEMENT IN ENHANCING THE QUALITY OF ISLAMIC EDUCATIONAL INSTITUTIONS

This study aims to determine the use of the Google Form application as a learning evaluation tool for Islamic Religious Education weekend students of STIT Madani Yogyakarta. Using a qualitative approach, data were collected through literature study, observation, interviews, and literature studies. Data analysis was performed using the Miles and Huberman model. The results showed that the use of Google Forms provides convenience for students and lecturers in the assessment process, especially in weekend classes that rely more on technology. This research provides an overview of the importance of technology integration in learning to improve the efficiency and effectiveness of the evaluation process. It is hoped that the results of this research can make a positive contribution to the development of online learning assessment methods in educational institutions.   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi Google Form sebagai alat evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam Mahasiswa kelas weekend STIT Madani Yogyakarta. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan studi literatur. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Google Form memberikan kemudahan bagi mahasiswa dan dosen dalam proses penilaian, terutama pada kelas weekend yang lebih mengandalkan teknologi. Penelitian ini memberikan gambaran tentang pentingnya integrasi teknologi dalam pembelajaran untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses evaluasi. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan metode penilaian pembelajaran daring di institusi pendidikan.

Indexer Sites