ANALISIS MAKNA YANG TERKANDUNG DALAM HENDRI-HENDRI PADA TRADISI PERNIKAHAN ADAT NIAS (KAJIAN PRAGMATIK)
Abstract:
This research aims to analyze the meaning contained in hendri-hendri in the Nias traditional wedding tradition. This research uses qualitative research methods with an ethnographic approach. Researchers used research instruments in the form of question sheets, documentation, as well as research evidence in the form of video recordings and photographs during interviews. Based on the results of this study, the implementation of hendri-hendri in the Nias traditional wedding tradition explains that hendri-hendri is a speech that is delivered subtly and as an addition / complement to the event. The speech is more like a poem that is sung and has a tone (note). There are 2 meanings contained in this hendri-hendri, namely: 1) Exalting the Opponent of speech performed by the Speaker or Sowatὂ. 2) Humbling oneself which is done by the Opponent or Tome. The principle of politeness contained in hendri-hendri includes the maxim of generosity, seen from the respect of the speaker or sowatὂ who respects every gift given by the interlocutor, then the maxim of appreciation on the part of the speaker in this case uses good and polite language towards the interlocutor or the tome.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis makna yang terkandung dalam hendri-hendri pada tradisi pernikahan adat Nias. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Peneliti menggunakan instrumen penelitian berupa lembar pertanyaan, dokumentasi, juga bukti penelitian berupa rekaman vidio dan foto-foto pada saat wawancara. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, pelaksanaan hendri-hendri pada tradisi pernikahan adat Nias menjelaskan bahwa hendri-hendri merupakan tuturan yang disampaikan secara halus dan sebagai tambahan/pelengkap acara. Tuturannya lebih ke syair yang di nyanyikan dan memiliki nada (note). Ada 2 makna yang terkandung dalam hendri-hendri ini yaitu: 1) Meninggikan Lawan tutur yang dilakukan oleh Penutur atau Sowatὂ. Makna ini terlihat dari syair Hendri-hendri dalam tindak tutur yang dilakukan Sowato (Penutur), 2) Merendahkan diri yang dilakukan oleh Lawan tutur atau Tome. Prinsip kesopanan yang terdapat dalam hendri-hendri meliputi Maksim kedermawanan, terlihat dari rasa hormat penutur atau sowatὂ yang menghormati setiap pemberian yang diberikan lawan tutur, selanjutnya maksim penghargaan pihak penutur dalam hal ini menggunakan bahasa yang baik dan santun terhadap lawan tutur atau pihak tome.
Downloads
Most read articles by the same author(s)
- Linda Santi Rozana Mendrofa, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, Mastawati Ndruru, PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN TEKS PIDATO PERSUASIF DI SMP , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Nurunia Zendrato, Lestari Waruwu, Imansudi Zega, Yanida Bu'ulolo, PEMEROLEHAN BAHASA ANAK PADA USIA 3-6 TAHUN DI DESA TARAKHAINI KECAMATAN GUNUNGSITOLI ALO’OA KOTA GUNUNGSITOLI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Serius Delvin Laia, Mastawati Ndruru, Yanida Bu'ulolo, Noveri Amal Jaya Harefa, ANALISIS DEIKSIS DALAM NOVEL “LAYANGAN PUTUS” KARYA MOMMY ASF , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Linda Tri Utami Zendrato, Arozatulo Bawamenewi, Yanida Bu'ulolo, Mastawati Ndruru, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI SMP , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Aktif Foera-Era Lase, NOVERI AMAL JAYA HAREFA, Mastawati Ndruru, LESTARI WARUWU, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BOTOMUZOI TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Ester Telaumbanua, Arozatulo Bawamenewi, Imansudi Zega, Lestari Waruwu, ANALISIS SEMIOTIK FAMÖZI ARAMBA DI PERNIKAHAN ÖRI LARAGA NIAS , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Sri Wahyuni Gulo, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, Noibe Halawa, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-HANDOUT BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Waozatulo Giawa, Mastawati Ndruru, Noveri Amal Jaya Harefa, Yanida Bu'ulolo, ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT NIAS “TUADA BÖLA” , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Junius Laoli , Mastawati Ndruru, Yanida Bu'ulolo, Noveri Amal Jaya Harefa, PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA PADA MATERI MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 HILISERANGKAI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Yarni Kristiani Lahagu, Mastawati Ndruru, Noveri Amal Jaya Harefa, Lestari Waruwu, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA TEKS EKSPLANASI MELALUI FLIPBOOK SISWA KELAS VIII SMP SWASTA KRISTEN TOMOSA 1 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya