PEMEROLEHAN BAHASA ANAK PADA USIA 3-6 TAHUN DI DESA TARAKHAINI KECAMATAN GUNUNGSITOLI ALO’OA KOTA GUNUNGSITOLI
Abstract:
This study aims to children's language acquisition at the age of 3-6 years in tarakhaini village, gunungsitoli alo'oa sub-district, Gunungsitoli city. The research is a qualitative descriptive research. After conducting research on language acquisition in children aged 3-6 years from the aspect of phonology, it is known that the ability of children in language is very diverse, therefore regarding language acquisition is greatly influenced by family and also the environment. The results of this study show that the syntactic acquisition of children aged three to six years has obtained sentence formation such as imperative, interrogative, interjective, single and compound sentences. Then, children have been able to acquire good syntactic structures, such as categories, functions, phrases, clauses, and affixes. In addition, there is a great influence between the language acquisition process. The purpose of this study is to describe the semantic acquisition of children aged 3-6 years and the stages of semantic acquisition of children aged 3-6 years. This type of research method is qualitative with decriftive methodology. The research technique is direct listening, other journal sources, sources from the library, underlining giving explanations based on the type of language acquisition and providing conclusions from the analysis of the data studied.
Penelitian ini, bertujuan untuk Pemerolehan bahasa anak pada usia 3-6 Tahun di desa tarakhaini kecamatan gunungsitoli alo’oa kota Gunungsitoli. Penelitian merupakan penelitian dekriptif kualitatif. Setelah dilakukannya penelitian pemerolehan bahasa pada anak usia 3-6 tahun dari aspek fonologi, diketahui bahwa kemampuan anak dalam berbahasa memang sangat beragam, maka dari itu mengenai pemerolehan bahasanya sangatlah dipengaruhi oleh keluarga dan juga lingkungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemerolehan sintaksis anak usia tiga sampai enam tahun telah memperoleh pembentukkan kalimat seperti kalimat imperatif, interogatif, interjektif, tunggal dan majemuk. Kemudian, anak telah mampu memperoleh struktur sintaksis yang baik, seperti kategori, fungsi, frase, klausa, dan afiks. Selain itu, terdapat pengaruh yang besar antara proses pemerolehan bahasanya. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan pemerolehan semantik anak usia 3-6 tahun beserta tahap pemerolehan semantic anak usia 3-6 tahun. Jenis metode penelitian ini kualitatif dengan metodologi dekriftif. Teknik penelitian yaitu pendengaran secara langsung, sumber jurnal lain, sumber dari perpustakaan, menggaris bawahi memberi penjelasan berdasarkan jenis pemerolehan bahasa dan memberikan kesimpulan dari analisis data yang diteliti.