PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI SMP
Abstract:
The aim of this research is to improve the ability to study explanatory texts using the Student Facilitator and Explaining learning model in junior high schools. The research subjects were 20 class VIII students at Karya Botombawo Private Middle School, 8 boys and 12 girls. Based on the research results, it turns out that there has been an increase in students' ability to study explanatory texts using the Student Facilitator and Explaining model. In cycle I, the results of the researcher's observations at the first meeting were 73.33% and at the second meeting were 80%. The average result of observing student activity at the first meeting was 72.50% and at the second meeting was 76.79%. Based on the research findings, it can be concluded that: 1) Using the Student Facilitator and Explaining learning model can improve students' abilities in studying explanatory texts, 2) Using the Student Facilitator and Explaining learning model can improve student learning outcomes.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menelaah teks eksplanasi menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining di SMP. Subjek penelitian yakni siswa kelas VIII SMP Swasta Karya Botombawo yang berjumlah 20 orang, laki-laki 8 orang dan perempuan 12 orang. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata ada peningkatan kemampuan siswa menelaah teks eksplanasi menggunakan model Student Facilitator and Explaining. Pada siklus I hasil observasi peneliti pada pertemuan pertama sebesar 73,33% dan pada pertemuan kedua sebesar 80%. Hasil rata-rata observasi keaktifan siswa pada pertemuan pertama sebesar 72,50% dan pertemuan kedua sebesar 76,79%. Berdasarkan temuan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menelaah teks eksplanasi, 2) Dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Most read articles by the same author(s)
- Linda Santi Rozana Mendrofa, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, Mastawati Ndruru, PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN TEKS PIDATO PERSUASIF DI SMP , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Nurunia Zendrato, Lestari Waruwu, Imansudi Zega, Yanida Bu'ulolo, PEMEROLEHAN BAHASA ANAK PADA USIA 3-6 TAHUN DI DESA TARAKHAINI KECAMATAN GUNUNGSITOLI ALO’OA KOTA GUNUNGSITOLI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Serius Delvin Laia, Mastawati Ndruru, Yanida Bu'ulolo, Noveri Amal Jaya Harefa, ANALISIS DEIKSIS DALAM NOVEL “LAYANGAN PUTUS” KARYA MOMMY ASF , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Aktif Foera-Era Lase, NOVERI AMAL JAYA HAREFA, Mastawati Ndruru, LESTARI WARUWU, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BOTOMUZOI TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Kaperius Daeli, Lestari Waruwu, Yanida Bu'ulolo, Noibe Halawa, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 1 MANDREHE , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Ester Telaumbanua, Arozatulo Bawamenewi, Imansudi Zega, Lestari Waruwu, ANALISIS SEMIOTIK FAMÖZI ARAMBA DI PERNIKAHAN ÖRI LARAGA NIAS , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Sri Wahyuni Gulo, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, Noibe Halawa, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-HANDOUT BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Waozatulo Giawa, Mastawati Ndruru, Noveri Amal Jaya Harefa, Yanida Bu'ulolo, ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT NIAS “TUADA BÖLA” , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Junius Laoli , Mastawati Ndruru, Yanida Bu'ulolo, Noveri Amal Jaya Harefa, PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA PADA MATERI MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 HILISERANGKAI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Yarni Kristiani Lahagu, Mastawati Ndruru, Noveri Amal Jaya Harefa, Lestari Waruwu, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA TEKS EKSPLANASI MELALUI FLIPBOOK SISWA KELAS VIII SMP SWASTA KRISTEN TOMOSA 1 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya