PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI BARU SISWA UPTD SMP NEGERI 5 GUNUNGSITOLI TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025
Abstract:
This study aims to determine the application of the Demonstration learning model in improving the ability to read new poetry in class VIII students of UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli in the 2024/2025 academic year. This study uses the Classroom Action Research (CAR) method with procedures consisting of planning, action, observation, and reflection which are carried out in two cycles. The results of the study show that the application of the Demonstration learning model can improve students' poetry reading skills, both in terms of appreciation, pronunciation, intonation, and expression. In the first cycle, the average student score was 62.30%, while in the second cycle it increased to 80.04%. Classical completeness also increased from 41.94% in the first cycle to 90.32% in the second cycle. In addition, student activity in participating in learning also increased significantly. Based on these results, it can be concluded that the Demonstration learning model has proven effective in improving the ability to read new poetry of class VIII students of UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan membaca puisi baru pada siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli pada tahun pembelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa, baik dari segi penghayatan, pelafalan, intonasi, maupun ekspresi. Pada siklus pertama, rata-rata nilai siswa adalah 62,30%, sementara pada siklus kedua meningkat menjadi 80,04%. Ketuntasan klasikal juga meningkat dari 41,94% pada siklus pertama menjadi 90,32% pada siklus kedua. Selain itu, keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran juga mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Demonstrasi terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca puisi baru siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli.
Most read articles by the same author(s)
- Ferdiaman Zalukhu, Imansudi Zega, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, ANALISIS NILAI-NILAI BUDAYA PADA PESTA PERNIKAHAN DI NIAS , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Anaria Zalukhu, Noveri Amal Jaya Harefa, Noibe Halawa, Riana Riana, ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA SLANG MAHASISWA DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS NIAS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Lisaria Zalukhu, Mastawati Ndruru, Lestari Waruwu, Noveri Amal Jaya Harefa, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI SOSIAL MEDIA (TIK TOK) PADA MATERI FIKSI SISWA KELAS VIII SMP N 4 LAHEWA TIMUR , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Nelvan Putra Hulu, Noveri Amal Jaya Harefa, Arozatulo Bawamenewi, Imansudi Zega, PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CANVA PADA MATERI SURAT PRIBADI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ALASA TALUMOZOI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Linda Santi Rozana Mendrofa, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, Mastawati Ndruru, PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN TEKS PIDATO PERSUASIF DI SMP , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Nurunia Zendrato, Lestari Waruwu, Imansudi Zega, Yanida Bu'ulolo, PEMEROLEHAN BAHASA ANAK PADA USIA 3-6 TAHUN DI DESA TARAKHAINI KECAMATAN GUNUNGSITOLI ALO’OA KOTA GUNUNGSITOLI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Serius Delvin Laia, Mastawati Ndruru, Yanida Bu'ulolo, Noveri Amal Jaya Harefa, ANALISIS DEIKSIS DALAM NOVEL “LAYANGAN PUTUS” KARYA MOMMY ASF , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Linda Tri Utami Zendrato, Arozatulo Bawamenewi, Yanida Bu'ulolo, Mastawati Ndruru, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI SMP , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Ester Julian Mendrofa, Noveri Amal Jaya Harefa, Noibe Halawa, Riana Riana, PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS PERSUASIF SISWA SMP NEGERI 2 GUNUNGSITOLI UTARA KELAS VIII 2023/2024 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Aktif Foera-Era Lase, NOVERI AMAL JAYA HAREFA, Mastawati Ndruru, LESTARI WARUWU, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BOTOMUZOI TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Similar Articles
- Linda Santi Rozana Mendrofa, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, Mastawati Ndruru, PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN TEKS PIDATO PERSUASIF DI SMP , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Novi Ratna Yanti Laoli, Riana Riana, Noveri Amal Jaya Harefa, Lestari Waruwu, MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACATEKS PERSUASIF DENGAN MODEL PEMBELAJARANCIRC(COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GUNUNGSITOLI UTARA , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
You may also start an advanced similarity search for this article.