Pelatihan Menggunakan Les Contes Pedagogiques (Dongeng Yang Mendidik) Untuk Pembelajaran Bahasa Prancis Pemula Bagi Para Pengajar Bahasa Prancis di Lampung
Abstract:
The objective to be achieved in this study is to provide knowledge or insight to French teachers about how to use les contes pedagogiques (educational fairy tales) for learning French for beginners. The methods used are the pre-test-post-test method, lectures, questions and answers and practice/exercises. The teachers listened to the explanation given by the resource person carefully, assisted by power point media. Then the teachers were given time to ask the resource person about the material that had been given, then the resource person answered all the questions. After that the teachers were given training to practice the theory that had been given by the resource person to practice using les contes pedagogiques for learning French by making learning modules or (RPP) adjusted to the level/niveau. In this activity the resource person will also provide a Pre-Test and Post-Test to determine the extent of the knowledge of the training participants before and after the training was given. The target of this community service activity is teachers of French as a foreign language elective program in class XI with a total of 5 people. The training venue will be held at SMUN 16 Jl. Darussalaam, Susunan Baru sub-district, Tanjung Karang Barat district, Bandarlampung for 3 days. The average result of the pre-test of the pedagogical contest lesson material is 58.66 and the average post-test score is 95.996 indicating a very good improvement.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah memberikan pengetahuan atau wawasan kepada para guru Bahasa prancis tentang bagaimana menggunakan les contes pedagoqiques (dongeng yang mendidik) untuk pembelajaran Bahasa prancis bagi pemula. Metode yang digunakan adalah metode pre tes-post tes, ceramah, tanya-jawab dan praktik/latihan. Para guru menyimak penjelasan yang diberikan oleh nara sumber dengan seksamamdengan dibantu oleh media power point. Kemudian para guru diberikan waktu untuk bertanya kepada nara sumber tentang materi yang telah diberikan, lalu nara sumber menjawab semua pertanyaan tersebut. Setelah itu para guru diberi Latihan untuk mempraktekkan teori yang telah diberikan oleh nara sumber untuk mempraktekkan menggunakan les contes pedagogiques untuk pembelajaran Bahasa Prancis dengan membuat modul pembelajarannya atau (RPP) disesuaikan dengan tingkatan / niveau nya. Dalam kegiatan ini nara sumber juga akan memberikan Pre- Test dan Post-Test untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan para peserta pelatihan sebelum dan setelah pelatihan diberikan. Sasaran kegiatan pengabdian ini adalah para guru pengajar bahasa Prancis sebagai bahasa asing program pilihan yg ada di kelas XI dengan jumlah 5 orang. Tempat pelatihan akan dilaksanakan di SMUN 16 Jl. Darussalaam, kelurahan Susunan Baru, Kecamatan Tanjung karang Barat, Bandarlampung selama 3 hari. Hasil rata rata Pre- test materi les contes pedagogiuqes yaitu 58,66 dan nilai rata-rata post-test 95,996 menunjukkan adanya peningkatan yang baik sekali.
Most read articles by the same author(s)
- Endang Ikhtiarti, Diana Rosita, Indah Nevira Trisna, Setia Rini, MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA PRANCIS BAGI PEMANDU WISATA PEMULA , Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Vol. 1 No. 2, September (2022): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat