PELATIHAN PENYUSUNAN BUKU AJAR DIGITAL BAHASA PRANCIS LEVEL A1 BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI GURU-GURU BAHASA PRANCIS DI PROVINSI LAMPUNG

Published: Apr 7, 2024

Abstract:

Training on Preparing A1 Level French Digital Textbooks Based on Local Wisdom for French Teachers in Lampung Province. The aim of this community service activity is to compile a French language textbook with a French teacher. The method used in this training is the discussion and collaboration method. In preparing digital French textbooks, participants first discuss the content of the textbooks that will be prepared by reviewing previously existing French textbooks, and determine local wisdom themes that can be used. carried out in French language skills at level A1 CECRL. The collaborative method is carried out between French teachers and service lecturers to produce French language textbooks that can not only be used in high schools, but also for the public at level A1 CECRL. The activity was held in September at 3 meetings, located at FKIP Lampung University. It is hoped that this activity will stimulate teachers to produce their own French language textbooks that suit the needs of the schools where they work, and can also be used by the public at the A1 CECRL level.

Pelatihan Penyusunan Buku Teks Digital Bahasa Prancis Tingkat A1 Berbasis Kearifan Lokal bagi Guru Bahasa Prancis di Provinsi Lampung. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah menyusun buku ajar bahasa Perancis bersama guru bahasa Perancis. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode diskusi dan kolaborasi. Dalam penyusunan buku teks bahasa Prancis digital, peserta terlebih dahulu mendiskusikan isi buku teks yang akan disusun dengan mereview buku teks bahasa Prancis yang sudah ada sebelumnya, dan menentukan tema kearifan lokal yang dapat digunakan. dilakukan pada keterampilan bahasa Perancis pada level A1 CECRL. Metode kolaboratif yang dilakukan antara guru bahasa Perancis dengan dosen pengabdi sehingga menghasilkan buku ajar bahasa Perancis yang tidak hanya dapat digunakan di SMA, namun juga dapat digunakan oleh umum pada level A1 CECRL. Kegiatan dilaksanakan pada bulan September sebanyak 3 kali pertemuan, bertempat di FKIP Universitas Lampung. Kegiatan ini diharapkan dapat merangsang para guru untuk menghasilkan sendiri buku teks bahasa Perancis yang sesuai dengan kebutuhan sekolah tempat mereka bekerja, dan juga dapat digunakan oleh masyarakat pada tingkat A1 CECRL.

Keywords:
1. digital textbooks
2. French
3. local wisdom
4. teaching materials
Authors:
1 . Diana Rosita
2 . Setia Rini
3 . Endang Ikhtiarti
4 . Indah Nevira Trisna
How to Cite
Rosita, D., Rini, S., Ikhtiarti, E., & Trisna, I. N. (2024). PELATIHAN PENYUSUNAN BUKU AJAR DIGITAL BAHASA PRANCIS LEVEL A1 BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI GURU-GURU BAHASA PRANCIS DI PROVINSI LAMPUNG . Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1, April), 67–77. Retrieved from https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/ela/article/view/424
References

    Alam, Ardiansyah Bahrul. “Bukan buku panduan cara menulis buku ajar,” 2020.

    Faiz, Aiman, and Bukhori Soleh. “Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal.” JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 7, no. 1 (May 22, 2021): 68–77. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250.

    Haryanto, Joko Tri. “Mapping the Local Own Resources (PAD) Performance and Regional Dependence in Indonesia 2008-2014: Quadrant Method Approach.” Jurnal Bina Praja 9, no. 1 (May 31, 2017): 41–52. https://doi.org/10.21787/jbp.09.2017.41-52.

    Kemdikbud. “Implementasi Kurikulum Merdeka,” 2022. https://gurupenggeraksumbar.kemdikbud.go.id/wp/implementasi-kurikulum-merdeka/.

    Santoso, Iman. “PEMBELAJARAN BAHASA ASING DI INDONESIA: ANTARA GLOBALISASI DAN HEGEMONI.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 14, no. 1 (April 1, 2014): 1. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v14i1.696.

    Wahyuni, Dian Eka, and Sitti Aliffatul Hasanah. “PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL PEMBENTUK KARAKTER BANGSA,” 2016.

  1. Alam, Ardiansyah Bahrul. “Bukan buku panduan cara menulis buku ajar,” 2020.
  2. Faiz, Aiman, and Bukhori Soleh. “Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal.” JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 7, no. 1 (May 22, 2021): 68–77. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250.
  3. Haryanto, Joko Tri. “Mapping the Local Own Resources (PAD) Performance and Regional Dependence in Indonesia 2008-2014: Quadrant Method Approach.” Jurnal Bina Praja 9, no. 1 (May 31, 2017): 41–52. https://doi.org/10.21787/jbp.09.2017.41-52.
  4. Kemdikbud. “Implementasi Kurikulum Merdeka,” 2022. https://gurupenggeraksumbar.kemdikbud.go.id/wp/implementasi-kurikulum-merdeka/.
  5. Santoso, Iman. “PEMBELAJARAN BAHASA ASING DI INDONESIA: ANTARA GLOBALISASI DAN HEGEMONI.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 14, no. 1 (April 1, 2014): 1. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v14i1.696.
  6. Wahyuni, Dian Eka, and Sitti Aliffatul Hasanah. “PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL PEMBENTUK KARAKTER BANGSA,” 2016.