PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SEKOLAH DASAR PADA MATERI MENULIS KALIMAT AKSARA LAMPUNG

Published: Apr 25, 2025

Abstract:

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) adalah alat pembelajaran yang dirancang untuk membantu siswa dalam memahami materi baik secara mandiri maupun dengan bimbingan guru melalui kegiatan yang terstruktur. LKPD memainkan peran penting dalam proses pembelajaran karena dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi pembelajaran aktif, serta mendorong keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Selain itu, LKPD yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa dapat meningkatkan motivasi belajar, memudahkan guru dalam menyampaikan materi, dan menjadikan pembelajaran lebih efektif serta bermakna. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan LKPD yang efektif dan efisien untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat dalam Aksara Lampung bagi siswa kelas VI Sekolah Dasar. LKPD ini dirancang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk mengatasi masalah seperti rendahnya minat dan motivasi belajar, serta terbatasnya kualitas LKPD yang ada. Metode penelitian meliputi wawancara dan penyebaran angket kepada siswa dan guru dari dua sekolah dasar di Kabupaten Way Kanan, yaitu UPT SDN 01 Negeri Batin dan UPT SDN 01 Kiling-kiling. Analisis kebutuhan menunjukkan adanya kebutuhan akan LKPD yang menarik, interaktif, dan relevan dengan Kurikulum Nasional, serta langkah-langkah pembelajaran yang terstruktur dan praktis. Produk akhir terdiri dari materi pembelajaran kalimat sederhana dalam Aksara Lampung, petunjuk belajar yang rinci, latihan menulis, dan penilaian berdasarkan aspek afektif dan psiko motorik. Diharapkan penelitian ini dapat berkontribusi pada pelestarian budaya Lampung, mening katkan keterampilan menulis siswa, dan menyediakan sumber belajar yang inovatif bagi guru. Hasil penelitian menunjukkan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran yang interaktif, bermakna, dan menyenangkan, serta mendukung upaya pelestarian warisan budaya lokal Lampung.

The Student Worksheet (LKPD) is a learning tool designed to help students understand the material both independently and with the guidance of the teacher through structured activities. LKPD plays an important role in the learning process because it can increase student engagement, facilitate active learning, and encourage critical and creative thinking skills. In addition, LKPD that is attractive and in accordance with the needs of students can increase learning motivation, make it easier for teachers to deliver material, and make learning more effective and meaningful. The purpose of this study is to develop an effective and efficient LKPD to improve sentence writing skills in the Lampung script for grade VI elementary school students. This LKPD is designed using the Problem Based Learning (PBL) learning model to overcome problems such as low interest and motivation to learn, as well as the limited quality of the existing LKPD. The research method included interviews and dissemination of questionnaires to students and teachers from two elementary schools in Way Kanan Regency, namely UPT SDN 01 Negeri Batin and UPT SDN 01 Kiling-kiling. The needs analysis shows that there is a need for LKPD that is interesting, interactive, and relevant to the National Curriculum, as well as structured and practical learning steps. The final product consists of simple sentence learning materials in the Lampung Script, detailed learning instructions, writing exercises, and assessments based on affective and psychomotor aspects. It is hoped that this research can contribute to the preservation of Lampung culture, improve students' writing skills, and provide innovative learning resources for teachers. The results of the study show a positive impact on the quality of interactive, meaningful, and fun learning, as well as supporting efforts to preserve Lampung's local cultural heritage.

Keywords:
1. Learning Media
2. LKPD Development
3. Project Based Learning (PBL)
4. Writing Sentences in the Lampung Script
Authors:
1 . Iramahdewi
2 . Mulyanto Widodo
3 . Dina Maulina
4 . Edi Suyanto
How to Cite
Iramahdewi, Widodo, M., Maulina, D., & Suyanto, E. (2025). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SEKOLAH DASAR PADA MATERI MENULIS KALIMAT AKSARA LAMPUNG. J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(1, April), 327–335. Retrieved from https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/simbol/article/view/545