PENGEMBANGAN PERMAINAN SEKURA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI AKSARA LAMPUNG
Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran aksara Lampung di sekolah. Pengembangan permainan kartu edukatif ini dirancang khusus untuk membantu siswa memahami dan mengingat huruf aksara Lampung dengan lebih mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas media pembelajaran Permainan Sekura dalam meningkatkan literasi aksara Lampung pada peserta didik kelas II SD Negeri 2 Gedong Air. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan desain pre-test dan post-test satu kelompok. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan membaca aksara Lampung yang diberikan sebelum dan sesudah penggunaan media. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada skor rata-rata peserta didik, dari 73 pada pre-test menjadi 93,07 pada post-test, dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,7720 (77,20%) yang tergolong dalam kategori tinggi. Temuan ini mengindikasikan bahwa media Permainan Sekura efektif dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan membaca aksara Lampung. Selain itu, pendekatan pembelajaran berbasis permainan terbukti mampu meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar. Dengan demikian, Permainan Sekura dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran inovatif yang mendukung pelestarian budaya lokal melalui pendidikan.
This research is motivated by the low learning outcomes of students in Lampung script learning at school. The development of this educational card game is specifically designed to help students understand and remember Lampung script letters more easily. This study aims to develop and test the effectiveness of the Sekura Game learning media in improving Lampung script literacy in grade II students of SD Negeri 2 Gedong Air. The method used is a development research with a pre-test and post-test design for one group. The instruments used include a Lampung script reading ability test given before and after using the media. The results showed a significant increase in the average score of students, from 73 in the pre-test to 93.07 in the post-test, with an average N-Gain of 0.7720 (77.20%) which is included in the high category. These findings indicate that the Sekura Game media is effective in improving understanding and reading ability of Lampung script. In addition, the game-based learning approach has been shown to increase student motivation and active involvement in the learning process. Thus, Sekura Game can be used as an alternative innovative learning media that supports the preservation of local culture through education.
Most read articles by the same author(s)
- Septri Marbhara, Farida Ariyani, Dina Maulina, Tuntun Sinaga, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA LAMPUNG BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING , J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Vol. 13 No. 1, April (2025): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
- Iramahdewi, Mulyanto Widodo, Dina Maulina, Edi Suyanto, PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SEKOLAH DASAR PADA MATERI MENULIS KALIMAT AKSARA LAMPUNG , J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Vol. 13 No. 1, April (2025): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia