About the Journal

Alur Penyerahan Naskah

Penulis yang ingin menyerahkan (submit) naskah perlu memperhatikan poin-poin berikut ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan akan dikembalikan ke penulis.

  1. Naskah atau artikel belum pernah diterbitkan sebelumnya dan tidak sedang dalam proses pertimbangan untuk diterbitkan di jurnal lain;
  2. File naskah dalam bentuk Microsoft Word;
  3. Manuskrip sudah sesuai dengan Template Journal of Advances in Physics Education (JAPE);
  4. Membuat akun sebagai penulis;
  5. Penulis melakukan submit artikel;
  6. Editor menerima artikel dari penulis dan melakukan peer review;
  7. Artikel yang memenuhi syarat ketentuan sesuai dengan kebijakan pengelola jurnal akan diperiksa dan dilakukan penilaian kelayakan oleh reviewer;
  8. Naskah artikel yang sudah melalui tahap penilaian oleh reviewer akan teruskan kepada penulis untuk dilakukan perbaikan;
  9. Artikel yang sudah diperbaiki sesuai dengan saran dari reviewer akan dipublikasikan.

Focus and Scope

Journal of Advances in Physics Education (JAPE) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan artikel-artikel penelitian, kajian teoretis, dan praktik inovatif dalam bidang pendidikan fisika. (JAPE) diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP Universitas Lampung (UNILA). Fokus jurnal ini adalah untuk menyediakan platform bagi para peneliti, pendidik, dan praktisi pendidikan fisika dalam berbagi temuan empiris, pengalaman praktis, dan ide-ide inovatif yang mencakup.

1. Metodologi Pengajaran Fisika:

  • Pengembangan model pembelajaran, strategi, atau pendekatan baru dalam mengajarkan konsep-konsep fisika.
  • Studi komparatif efektivitas metode pengajaran tradisional vs modern.

2. Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Fisika:

  • Pengembangan dan evaluasi media berbasis teknologi seperti simulasi, augmented reality (AR), atau virtual reality (VR).
  • Penerapan teknologi digital dalam pembelajaran fisika berbasis eksperimen.

3. Penilaian dan Evaluasi dalam Pendidikan Fisika:

  • Inovasi dalam metode penilaian kemampuan siswa, termasuk penilaian berbasis proyek dan asesmen formatif.
  • Pengembangan alat ukur untuk menilai penguasaan konsep fisika.

4. Pendidikan Guru Fisika:

  • Pelatihan dan pengembangan profesional guru fisika.
  • Penelitian tentang pedagogi fisika dalam program pendidikan guru.

5. Konseptualisasi dan Pemahaman Fisika:

  • Studi tentang kesulitan siswa dalam memahami konsep-konsep tertentu dalam fisika.
  • Intervensi untuk mengatasi miskonsepsi dalam pembelajaran fisika.

6. Kajian Interdisipliner dalam Pendidikan Fisika:

  • Hubungan fisika dengan disiplin ilmu lain dalam konteks pembelajaran.
  • Kolaborasi antar disiplin untuk pengembangan kurikulum fisika.

7. Penelitian Fisika Murni dan Implikasinya untuk Pendidikan:

  • Kajian mendalam dalam Fisika Eksperimen untuk menguji teori dan hukum fisika.
  • Penelitian fisika murni yang dapat diadaptasi menjadi bahan ajar atau modul pembelajaran fisika di berbagai jenjang pendidikan.

JAPE menerima artikel dalam berbagai bentuk, termasuk artikel penelitian kuantitatif dan kualitatif, kajian literatur sistematis, studi kasus, serta laporan praktik inovatif dalam pendidikan fisika.

Proses Peer Review

Proses review awal dilakukan oleh editor jurnal. Editor memberikan umpan balik terhadap seluruh artikel akan direview. Umpan balik ini meliputi kesesuaian fokus dan cakupan jurnal, tingkat similarity, dan kesesuaian dengan template jurnal. Apabila tidak memenuhi ketentuan, artikel akan segera dikembalikan ke penulis.

Setelah lolos tahap review awal, naskah artikel akan dikirimkan ke 2 reviewer sesuai dengan kebijakan single blind peer review. Pihak editor akan menginformasikan kepada penulis tentang hasil peer reviewer paling lambat 14 hari setelah paper disubmit. Seluruh hasil koreksi dari reviewer dikirimkan ke corresponding email yang tercatat pada naskah artikel.

Kerahasiaan

Naskah artikel yang ditinjau adalah dokumen rahasia. Penulis tidak mengetahui reviewer artikel naskahnya, tetapi reviewer mengetahui penulis naskah atau artikel. Para penyunting dan staf penyunting tidak boleh mengungkapkan informasi apapun mengenai naskah artikel yang diserahkan kepada orang lain selain penulis, mitra bestari, dan penerbit.

Objektivitas Standar

Dalam menilai naskah artikel, reviewer harus berpegang pada prinsip-prinsip objektivitas. Reviewer memberikan komentar terhadap naskah artikel tidak boleh didasarkan pada kritik pribadi terhadap penulis naskah selama proses peninjauan. Semua komentar selama proses penilaian harus disertai dengan saran yang jelas dan konstruktif.

Open Access Policy

Saat ini, JAPE memberlakukan kebijakan akses secara bebas dan dapat diunduh secara gratis (free of charge) untuk kepentingan akademik.

Kebijakan Frekuensi Penerbitan Artikel

Journal of Advances in Physics Education (JAPE) terbit dalam satu tahun sebanyak  tiga kali dengan jumlah maksimal artikel sebanyak 16 dan minimal 5 yaitu pada setiap yaitu February, June, and October pada masing-masing volume.

Kebijakan Open Access

Jurnal ini menyediakan open access yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global.

Copyright

Penulis adalah pemegang hak cipta dari setiap makalah / artikel yang telah dimuat di JAPE . Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan dan mengadopsi isi artikel selama mereka mengutip artikel (mensitasi) dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. 

Kebijakan Plagiarisme

Kebijakan Plagiarisme pada JAPE ada dua bentuk, yaitu:

  1. Penulis sengaja menyalin karya orang lain dan mengklaimnya sebagai milik mereka,
  2. Penulis menyalin materi miliknya yang telah dipublikasikan sebelumnya baik seluruhnya atau sebagian, tanpa memberikan referensi yang sesuai juga disebut sebagai (auto plagiat atau self-plagiarism).

Ketentuan Similarity Index Artikel

Kebijakan indek similariti pada naskah artikel yang akan dipublikasikan di Journal of Advances in Physics Education (JAPE)  setidaknya memenuhi syarat 20% indek similariti.

Etika Publikasi

Pernyataan kode etik ilmiah ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah ini yaitu pengelola, editor, mitra bestari, dan penulis (author). Kode Etika Publikasi Ilmiah pada Journal of Advances in Physics Education (JAPE) mengacu pada nilai objektifitas dan kejujuran.

Biaya Penerbitan

Submit Artikel: Rp 0,00 (Gratis)
Penyerahan naskah tidak dikenakan biaya

 Publikasi Artikel: 100k

Jika naskah dinyatakan diterima dan akan diterbitkan, Penulis tidak dikenakan biaya untuk penerbitan artikel.