ANALISIS PEMAKAIAN EJAAN BAHASA INDONESIA YANG DISEMPURNAKAN DALAM SURAT-SURAT RESMI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Abstract:
further, especially in relation to the use of refined Indonesian spelling contained therein (EYD). The purpose of this study is to describe the use of letters and the use of punctuation marks in outgoing letters and incoming letters in the Indonesian Language and Literature Education Study Program. The type of research is qualitative which uses a descriptive approach. The research instrument is documentation. The results of this study obtained several discrepancies in the use of letters (capital letters, italics, bold letters) and the use of punctuation marks contained in the letter, (dot marks, comma marks, semicolon marks, colon marks and slash marks) for the use of capital letters there are (12), discrepancies, the use of italics there are (19) in the use of bold letters there are (43). In the use of punctuation marks there are (20. Namely the discrepancy in the use of full stops. (20), comma sign (-), semicolon sign (-), colon sign (-), and slash sign (-). From the results of the researcher's analysis for the use of semicolons, semicolons, colons, and slash marks, no discrepancies were found.
Surat resmi sebagai salah satu bentuk karya tulis yang patut dicermati lebih jauh khususnya dalam kaitan pemakaian Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD) yang terdapat didalamnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk Pemakaian huruf dan pemakaian tanda baca pada surat keluar dan surat masuk di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jenis Penelitian adalah kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian adalah dokumentasi. Hasil penelitian ini mendapatkan beberapa ketidaksesuaian dalam pemakaian huruf (huruf kapital, huruf miring , huruf tebal) dan pemakaian tanda baca yang terdapat dalam surat, (tanda titik, tanda koma, tanda titik koma, tanda titik dua dan tanda garis miring) untuk pemakaian huruf kapital ada (12), ketidakasesuaian, pemakaian huruf miring ada (19) di pemakaian huruf tebal ada (43) . Pada pemakaian tanda baca ada (20. Yakni ketidaksesuaian pemakaian tanda titik. (20), tanda koma (-), tanda titik koma(-), tanda titik dua (-), dan tanda garis miring (-). Dari hasil analisis peneliti untuk pemakaian tanda koma, tanda titik koma, tanda titik dua, dan tanda garis miring tidak ditemukan ketidaksesuaian.
Downloads
Most read articles by the same author(s)
- Ferdiaman Zalukhu, Imansudi Zega, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, ANALISIS NILAI-NILAI BUDAYA PADA PESTA PERNIKAHAN DI NIAS , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Thantri Ayu Telaumbanua, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, Riana Riana, PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 HILIDUHO , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Anaria Zalukhu, Noveri Amal Jaya Harefa, Noibe Halawa, Riana Riana, ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA SLANG MAHASISWA DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS NIAS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Lisaria Zalukhu, Mastawati Ndruru, Lestari Waruwu, Noveri Amal Jaya Harefa, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI SOSIAL MEDIA (TIK TOK) PADA MATERI FIKSI SISWA KELAS VIII SMP N 4 LAHEWA TIMUR , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Nelvan Putra Hulu, Noveri Amal Jaya Harefa, Arozatulo Bawamenewi, Imansudi Zega, PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CANVA PADA MATERI SURAT PRIBADI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ALASA TALUMOZOI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Wangi Netralli Lase, Riana Riana, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, Analisis Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 2 Gunungsitoli Alo’oa , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Nurunia Zendrato, Lestari Waruwu, Imansudi Zega, Yanida Bu'ulolo, PEMEROLEHAN BAHASA ANAK PADA USIA 3-6 TAHUN DI DESA TARAKHAINI KECAMATAN GUNUNGSITOLI ALO’OA KOTA GUNUNGSITOLI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Ester Julian Mendrofa, Noveri Amal Jaya Harefa, Noibe Halawa, Riana Riana, PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS PERSUASIF SISWA SMP NEGERI 2 GUNUNGSITOLI UTARA KELAS VIII 2023/2024 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Stanislaus Rahasia Zalukhu, Riana Riana, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI MELALUI METODE MEMBACA INSPEKSIONAL (SKIMMING) SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 ALASA , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Nika Tri Warna Lase, Lestari Waruwu, Riana Riana, Noibe Halawa, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI TEKS EKSPOSISI KELAS X SMK NEGERI 1 BOTOMUZOI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya