PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA TEKS EKSPLANASI MELALUI FLIPBOOK SISWA KELAS VIII SMP SWASTA KRISTEN TOMOSA 1
Abstract:
This study aims to produce innovative and relevant teaching materials for students in grade VIII of Tomosa 1 Christian Private Junior High School, namely local wisdom-based teaching materials on explanatory texts presented through flipbook media. The process of developing this teaching material follows the ADDIE model which consists of five systematic stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results showed that the teaching materials developed had a very high level of validity, practicality, and effectiveness. Based on the assessment of material experts, linguists, and media experts, this teaching material was declared very feasible with an impressive percentage of feasibility, namely 99%, 93%, and 97%. The level of practicality of teaching materials was also proven to be very good through individual, small group, and field trials, with an average value of 97%, 98%, and 91%, respectively. In addition, the effectiveness of teaching materials in improving student understanding was also very satisfying, with an average value of 95% in individual and small group trials, and 87% in field trials. Thus, this study succeeded in proving that the development of local wisdom-based teaching materials on explanatory text through flipbooks is a very effective and recommended solution to improve the quality of learning in class VIII of Tomosa 1 Christian Private Junior High School.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang inovatif dan relevan bagi siswa kelas VIII SMP Swasta Kristen Tomosa 1, yaitu bahan ajar berbasis kearifan lokal pada teks eksplanasi yang disajikan melalui media flipbook. Proses pengembangan bahan ajar ini mengikuti model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan sistematis, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki tingkat validitas, kepraktisan, dan efektivitas yang sangat tinggi. Berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, bahan ajar ini dinyatakan sangat layak dengan persentase kelayakan yang mengesankan, yaitu 99%, 93%, dan 97%. Tingkat kepraktisan bahan ajar juga terbukti sangat baik melalui uji coba perorangan, kelompok kecil, dan lapangan, dengan nilai rata-rata masing-masing 97%, 98%, dan 91%. Selain itu, efektivitas bahan ajar dalam meningkatkan pemahaman siswa juga sangat memuaskan, dengan nilai rata-rata 95% pada uji coba perorangan dan kelompok kecil, serta 87% pada uji coba lapangan. Dengan demikian, penelitian ini berhasil membuktikan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal pada teks eksplanasi melalui flipbook merupakan solusi yang sangat efektif dan direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas VIII SMP Swasta Kristen Tomosa1.
Most read articles by the same author(s)
- Penunjuk Jalan Gulo, Mastawati Ndruru, Lestari Waruwu, Noveri Amal Jaya Harefa, ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL “LEMBARAN TERABAIKAN” KARYA NOIBE HALAWA , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Masdya Zalukhu, Mastawati Ndruru, Noibe Halawa, Riana Riana, PROSES AFIKSASI VERBA BAHASA NIAS DI KABUPATEN NIAS UTARA: KAJIAN MORFOLOGI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Thantri Ayu Telaumbanua, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, Riana Riana, PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 HILIDUHO , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Anaria Zalukhu, Noveri Amal Jaya Harefa, Noibe Halawa, Riana Riana, ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA SLANG MAHASISWA DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS NIAS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Lisaria Zalukhu, Mastawati Ndruru, Lestari Waruwu, Noveri Amal Jaya Harefa, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI SOSIAL MEDIA (TIK TOK) PADA MATERI FIKSI SISWA KELAS VIII SMP N 4 LAHEWA TIMUR , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Nelvan Putra Hulu, Noveri Amal Jaya Harefa, Arozatulo Bawamenewi, Imansudi Zega, PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CANVA PADA MATERI SURAT PRIBADI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ALASA TALUMOZOI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Wangi Netralli Lase, Riana Riana, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, Analisis Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 2 Gunungsitoli Alo’oa , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Linda Santi Rozana Mendrofa, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, Mastawati Ndruru, PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN TEKS PIDATO PERSUASIF DI SMP , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Nurunia Zendrato, Lestari Waruwu, Imansudi Zega, Yanida Bu'ulolo, PEMEROLEHAN BAHASA ANAK PADA USIA 3-6 TAHUN DI DESA TARAKHAINI KECAMATAN GUNUNGSITOLI ALO’OA KOTA GUNUNGSITOLI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Serius Delvin Laia, Mastawati Ndruru, Yanida Bu'ulolo, Noveri Amal Jaya Harefa, ANALISIS DEIKSIS DALAM NOVEL “LAYANGAN PUTUS” KARYA MOMMY ASF , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya