PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA TEKS EKSPLANASI MELALUI FLIPBOOK SISWA KELAS VIII SMP SWASTA KRISTEN TOMOSA 1
Abstract:
This study aims to produce innovative and relevant teaching materials for students in grade VIII of Tomosa 1 Christian Private Junior High School, namely local wisdom-based teaching materials on explanatory texts presented through flipbook media. The process of developing this teaching material follows the ADDIE model which consists of five systematic stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results showed that the teaching materials developed had a very high level of validity, practicality, and effectiveness. Based on the assessment of material experts, linguists, and media experts, this teaching material was declared very feasible with an impressive percentage of feasibility, namely 99%, 93%, and 97%. The level of practicality of teaching materials was also proven to be very good through individual, small group, and field trials, with an average value of 97%, 98%, and 91%, respectively. In addition, the effectiveness of teaching materials in improving student understanding was also very satisfying, with an average value of 95% in individual and small group trials, and 87% in field trials. Thus, this study succeeded in proving that the development of local wisdom-based teaching materials on explanatory text through flipbooks is a very effective and recommended solution to improve the quality of learning in class VIII of Tomosa 1 Christian Private Junior High School.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang inovatif dan relevan bagi siswa kelas VIII SMP Swasta Kristen Tomosa 1, yaitu bahan ajar berbasis kearifan lokal pada teks eksplanasi yang disajikan melalui media flipbook. Proses pengembangan bahan ajar ini mengikuti model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan sistematis, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki tingkat validitas, kepraktisan, dan efektivitas yang sangat tinggi. Berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, bahan ajar ini dinyatakan sangat layak dengan persentase kelayakan yang mengesankan, yaitu 99%, 93%, dan 97%. Tingkat kepraktisan bahan ajar juga terbukti sangat baik melalui uji coba perorangan, kelompok kecil, dan lapangan, dengan nilai rata-rata masing-masing 97%, 98%, dan 91%. Selain itu, efektivitas bahan ajar dalam meningkatkan pemahaman siswa juga sangat memuaskan, dengan nilai rata-rata 95% pada uji coba perorangan dan kelompok kecil, serta 87% pada uji coba lapangan. Dengan demikian, penelitian ini berhasil membuktikan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal pada teks eksplanasi melalui flipbook merupakan solusi yang sangat efektif dan direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas VIII SMP Swasta Kristen Tomosa1.
Most read articles by the same author(s)
- Linda Tri Utami Zendrato, Arozatulo Bawamenewi, Yanida Bu'ulolo, Mastawati Ndruru, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI SMP , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Ester Julian Mendrofa, Noveri Amal Jaya Harefa, Noibe Halawa, Riana Riana, PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS PERSUASIF SISWA SMP NEGERI 2 GUNUNGSITOLI UTARA KELAS VIII 2023/2024 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Stanislaus Rahasia Zalukhu, Riana Riana, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI MELALUI METODE MEMBACA INSPEKSIONAL (SKIMMING) SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 ALASA , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Nika Tri Warna Lase, Lestari Waruwu, Riana Riana, Noibe Halawa, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI TEKS EKSPOSISI KELAS X SMK NEGERI 1 BOTOMUZOI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Aktif Foera-Era Lase, NOVERI AMAL JAYA HAREFA, Mastawati Ndruru, LESTARI WARUWU, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BOTOMUZOI TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Kaperius Daeli, Lestari Waruwu, Yanida Bu'ulolo, Noibe Halawa, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 1 MANDREHE , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Ester Telaumbanua, Arozatulo Bawamenewi, Imansudi Zega, Lestari Waruwu, ANALISIS SEMIOTIK FAMÖZI ARAMBA DI PERNIKAHAN ÖRI LARAGA NIAS , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Waozatulo Giawa, Mastawati Ndruru, Noveri Amal Jaya Harefa, Yanida Bu'ulolo, ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT NIAS “TUADA BÖLA” , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Iman Purnama Sari Laoli, Riana Riana, Noibe Halawa, Lestari Waruwu, ANALISIS TINDAK TUTUR LOKUSI ILOKUSI DAN PERLOKUSI DALAM DIALOG FILM ANIMASI ”MERAIH MIMPI” KARYA PHIL MITCHELL , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Junius Laoli , Mastawati Ndruru, Yanida Bu'ulolo, Noveri Amal Jaya Harefa, PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA PADA MATERI MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 HILISERANGKAI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya