PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BOTOMUZOI TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Diterbitkan: Dec 12, 2024

Abstrak:

Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan selama kegiatan Magang di SMP Negeri 5 Botomuzoi menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks persuasi masih rendah dan tidak memenuhi KKM (Kriterial Ketuntasan Minimal) nilai siswa masih di bawah KKM. Masalah yang dihadapi siswa dalam menulis teks persuasi di kelas VIII SMP Negeri 5 Botomuzoi adalah pada saat guru mengajar ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan pada saat menjelaskan materi menulis teks persuasi termasuk dalam penentuan isi, saran, ajakan dan cara menyajikan informasi teks persuasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas atau PTK. Penelitian tindakan berkembang menjadi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) adalah penelitian Tindakan yang dilaksanakan di dalam kelas ketika pembelajaran berlangsung penelitian yang digunakan penulis. Lokasi penelitian ini adalah di kelas VIII SMP Negeri 5 Botomuzoi yang terletak di Desa Hilimbawa Botomuzoi Kecamatan Botomuzoi Kabupaten Nias. 2. Hasil observasi siswa siklus I sebesar 70 %. Sedangkan, hasil observasi siklus II sebesar 95,38%. Dari data tersebut, menunjukkan bahwa hasil presentase hasil belajar siswa pada siklus II lebih baik dari pada siklus I.

Based on the results of observations conducted by researchers during the Internship at SMP Negeri 5 Botomuzoi, it shows that students' ability in writing persuasive texts is still low and does not meet the KKM (Minimum Completion Criteria) students' scores are still below the KKM. The problem faced by students in writing persuasive texts in class VIII of SMP Negeri 5 Botomuzoi is that when the teacher teaches there are some students who do not pay attention when explaining the material for writing persuasive texts including determining the content, suggestions, invitations and how to present persuasive text information. The type of research used in this study is the type of classroom action research or PTK. Action research develops into Classroom Action Research (PTK) or Classroom Action Research (CAR) is an Action research carried out in the classroom when learning takes place, the research used by the author. The location of this research is in class VIII of SMP Negeri 5 Botomuzoi which is located in Hilimbawa Botomuzoi Village, Botomuzoi District, Nias Regency. 2. The results of student observations in cycle I were 70%. Meanwhile, the results of observations in cycle II were 95.38%. From these data, it shows that the percentage results of student learning outcomes in cycle II are better than in cycle I.

Penulis:
1 . Aktif Foera-Era Lase
2 . NOVERI AMAL JAYA HAREFA
3 . Mastawati Ndruru
4 . LESTARI WARUWU
Cara Mengutip
Lase, A. F.-E., HAREFA, N. A. J., Ndruru, M., & WARUWU, L. . (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BOTOMUZOI TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 13(1 April), 170–178. Diambil dari https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/Kata/article/view/269