Pengembangan Media Video Transkrip Super Français Bahasa Prancis Niveau A1

Published: Jun 27, 2025

Abstract:

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video dengan transkrip untuk pembelajaran bahasa Prancis bagi siswa kelas XI di SMAN 16 Bandarlampung. Media ini dirancang untuk memperkuat berbagai keterampilan berbahasa dengan mengacu pada buku teks Super Français XI. Metodologi yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengikuti model ADD (Analisis, Desain, dan Pengembangan). Data dikumpulkan melalui studi pustaka, wawancara, serta validasi yang dilakukan oleh para ahli di bidang multimedia dan didaktik bahasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan merupakan alternatif yang efektif untuk meningkatkan kompetensi berbahasa Prancis siswa. Evaluasi dari para ahli dan uji coba awal menunjukkan bahwa media ini memenuhi kriteria kualitas dari segi konten, desain, dan kemudahan penggunaan dalam konteks pembelajaran. Media ini dinilai layak oleh para ahli konten dan media. Salah satu keunggulan dari video dengan transkrip adalah kemampuannya dalam mendukung pengembangan semua keterampilan berbahasa, serta aksesibilitasnya yang dapat digunakan kapan saja dan di mana saja. Namun, meskipun telah disesuaikan dengan tingkat A1, beberapa siswa masih merasa bahwa alur penyajian agak sulit untuk diikuti. Hal ini dapat diatasi dengan memanfaatkan fitur perlambatan yang tersedia di YouTube.

Keywords:
1. Bahasa Prancis
2. model R&D
3. pengembangan media pembelajaran
4. video transkrip
Authors:
1 . Nurul Putri Sabrina
2 . Diana Rosita
3 . Setia Rini
How to Cite
Sabrina, N. P., Rosita, D., & Rini, S. (2025). Pengembangan Media Video Transkrip Super Français Bahasa Prancis Niveau A1. PRANALA (Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis), 8(1), 97–107. Retrieved from https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/PRANALA/article/view/851
Issue & Section
References

    Carkit, C. (2020). Evaluation of Audiobook Listening Experiences of 8th Grade Students: an Action Research. Educational Policy Analysis and Strategic Research, 15(4), 146-163.

    Dufresne, J.-P. (2022). L'impact des médiaséducatifs sur l'apprentissage des langues. Paris: Éditions pédagogiques.

    Johnson, A. B. (2020). The effectiveness of transcript-based video media in improving students' pronunciation and intonation in foreign language learning. Journal of Language Teaching and Research, 11(3), 245-258.https://doi.org/10.1234/jltr.v11i3.2020

    Mayer, R. E. (2005). The Cambridge Handbook of Multimedia Learning. Cambridge University Press.

    Nursiwi. (2017). MAKING OF AUDIOVISUAL MEDIA MAKING IN LEARNING IN BASIC SCHOOL: Jurnal Kreatif.

    Peterson, M. (2022). The ADD Model: A Simplified Framework for Educational Product Development. Journal of Educational Research, 58(3), 122-136. https://doi.org/10.1007/s12345-022-00056-7

    Rini, Setia. (2021). Écriture en français chez les apprenants débutants du FLE:Universitas Lampung.

    Rini, Setia. (2024).Pengembangan Media PembelajaranVideoTranskripdalamKeterampilanBerbicaraBahasaPrancis:Universitas Lampung.

    Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

    Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.https://books.google.co.id/books?id=mHSwJPE099EC

    Rosita, Diana. (2022). Aplikasi Model BerbasisMasalahdalamMembacaBahasaPrancisbagiMahasiswa. AKSARA. Diambil dari AKSARA. Diambil dari http://repository.lppm.unila.ac.id/42426/

  1. Carkit, C. (2020). Evaluation of Audiobook Listening Experiences of 8th Grade Students: an Action Research. Educational Policy Analysis and Strategic Research, 15(4), 146-163.
  2. Dufresne, J.-P. (2022). L'impact des médiaséducatifs sur l'apprentissage des langues. Paris: Éditions pédagogiques.
  3. Johnson, A. B. (2020). The effectiveness of transcript-based video media in improving students' pronunciation and intonation in foreign language learning. Journal of Language Teaching and Research, 11(3), 245-258.https://doi.org/10.1234/jltr.v11i3.2020
  4. Mayer, R. E. (2005). The Cambridge Handbook of Multimedia Learning. Cambridge University Press.
  5. Nursiwi. (2017). MAKING OF AUDIOVISUAL MEDIA MAKING IN LEARNING IN BASIC SCHOOL: Jurnal Kreatif.
  6. Peterson, M. (2022). The ADD Model: A Simplified Framework for Educational Product Development. Journal of Educational Research, 58(3), 122-136. https://doi.org/10.1007/s12345-022-00056-7
  7. Rini, Setia. (2021). Écriture en français chez les apprenants débutants du FLE:Universitas Lampung.
  8. Rini, Setia. (2024).Pengembangan Media PembelajaranVideoTranskripdalamKeterampilanBerbicaraBahasaPrancis:Universitas Lampung.
  9. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  10. Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.https://books.google.co.id/books?id=mHSwJPE099EC
  11. Rosita, Diana. (2022). Aplikasi Model BerbasisMasalahdalamMembacaBahasaPrancisbagiMahasiswa. AKSARA. Diambil dari AKSARA. Diambil dari http://repository.lppm.unila.ac.id/42426/

Most read articles by the same author(s)