PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA LAMPUNG BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING
Abstrak:
This study aims to produce and develop learning media products in the form of flashcards to improve the mastery of problem-based leaarning-based Lampung language vocabulary in grade 1 SD and describe the feasibility of these learning media products. The method used in this research is the ADDIE development research method. The research procedure consists of five steps, namely analysis, design, development, implement, and evaluate. This research was conducted at UPT SD Negeri 01 Banjar Agung, Way Kanan Regency. Data collection techniques in this study include interviews, observations and questionnaires. Interviews and observations were carried out to find existing problems while questionnaires were carried out to validate the feasibility of the products that had been developed. The results of the research are flashcard media as a medium for learning Lampung language. The flashcard media developed in this study is considered feasible based on the results of validation and revision by material experts with a percentage of 84.4%, 98% learning media experts, 92% Lampung language educators, 96% peer trials and 96% student trials. Flashcard media revisions from experts include improving the appearance of the background. The results of the assessment of experts and educators showed very feasible criteria. The suggestions given have been followed up to improve the development of flashcard media, so it can be concluded that the flashcard media developed is feasible as a medium for learning Lampung language at UPT SD Negeri 01 Banjar Agung.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan produk media pembelajaran berupa flashcard untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa lampung berbasis problem based leaarning di kelas 1 SD serta mendeskripsikan kelayakan produk media pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan ADDIE. Prosedur penelitian terdiri atas lima langkah, yaitu analysis, design, development, implement, dan evaluate. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SD Negeri 01 Banjar Agung Kabupaten Way Kanan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi dan angket kuisioner. Wawancara dan observasi dilaksanakan untuk menemukan permasalahan yang ada sedangkan angket kuisioner dilaksanakan untuk validasi kelayakan produk yang sudah dikembangkan. Hasil penelitian yaitu media flashcard sebagai media pembelajaran Bahasa lampung. Media flashcard yang dikembangkan dalam penelitian ini dinilai layak berdasarkan hasil validasi dan revisi oleh ahli materi dengan persentase 84,4%, ahli media pembelajaran 98%, pendidik bahasa lampung 92%, uji coba teman sejawat 96% dan uji coba peserta didik 96%. Revisi media flashcard dari para ahli meliputi perbaikan tampilan latar belakang. Hasil penilaian penilaian para ahli dan pendidik menunjukkan kriteria sangat layak. Saran yang diberikan telah ditindaklanjuti untuk menyempurnakan pengembangan media flashcard, sehingga dapat disimpulkan bahwa media flashcard yang dikembangkan layak menjadi media pembelajaran bahasa lampung di UPT SD Negeri 01 Banjar Agung.
Unduhan
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Iramahdewi, Mulyanto Widodo, Dina Maulina, Edi Suyanto, PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SEKOLAH DASAR PADA MATERI MENULIS KALIMAT AKSARA LAMPUNG , J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Vol 13 No 1 (2025): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
- Revi Liana, Farida Ariyani, Budi Kadaryanto, Mulyanto Widodo, PENGEMBANGAN PERMAINAN SEKURA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI AKSARA LAMPUNG , J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Vol 13 No 1 (2025): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
- Renatalia Marselinda, Farida Ariyani, I Wayan Ardi Sumarta, Nurlaksana Eko Rusminto, PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT DI SMA KELAS X , J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Vol 13 No 1 (2025): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia