PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PIDATO SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 3 GUNUNGSITOLI SELATAN
Abstrak:
The purpose of this study was to improve students' ability to analyze the structure of speech texts using the Cooperative Learning model. The implementation procedure consists of four stages, namely: (1) Planning, (2) Action, (3) Observation, and (4) Reflection. The researcher used research instruments, namely observation sheets, essay tests, field notes and documentation. The subjects in this study were 25 students of class VIII UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli Selatan, even semester, consisting of 25 people, 11 male and 14 female. The results of the increase in students' ability to analyze the structure of speech texts in cycle I were the highest score of 74 and the lowest score of 55 with a completion percentage of 63.6%. In cycle II, the lowest score was 75 and the highest score was 90 with a completion percentage of 86%. It was concluded that the application of the Cooperative Learning learning model can improve the ability to listen to speeches of students in class VIII. It is hoped that further researchers will use this research as additional insight to carry out research. .
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis struktur teks pidato dengan menggunakan model Cooperative Learning. Prosedur pelaksanaannya terdiri dari empat tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Peneliti menggunakan instrumen penelitian yaitu lembar observasi, tes essay, catatan lapangan dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli Selatan, semester genap yang berjumlah 25 orang, laki-laki sebanyak 11 orang dan perempuan sebanyak 14 orang. Hasil nilai peningkatan kemampuan peserta didik menganalisis struktur teks pidato pada siklus I yaitu nilai tertinggi 74 dan nilai terendah 55 dengan presentase ketuntasan 63,6%. Pada siklus II nilai terendah 75 dan nilai tertinggi 90 dengan presentase ketuntasan 86%. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dapat meningkatkan kemampuan menyimak pidato peserta didik di kelas VIII. Diharapkan pada peneliti selanjutnya menggunakan penelitian ini sebagai tambahan wawasan untuk melaksanakan penelitian.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Hepi Friska Mendrofa, Noibe Halawa, Arozatulo Bawamenewi, Mastawati Ndruru, ANALISIS MAKNA SYAIR MAENA ZOWATÖ PADA PESTA PERNIKAHAN DI KABUPATEN NIAS UTARA , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol 12 No 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Elisabeth Vierginia Asria Ningsih Zega, Mastawati Ndruru, Noveri Amal Jaya Harefa, Arozatulo Bawamenewi, ANALISIS KESALAHAN BAHASA INDONESIA DI ARTIKEL JURNAL TAEHAO PBSI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol 12 No 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Agus Mesrawati Gea, Noibe Halawa, Imansudi Zega, Lestari Waruwu, ANALISIS PEMAKAIAN EJAAN BAHASA INDONESIA YANG DISEMPURNAKAN DALAM SURAT-SURAT RESMI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol 12 No 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Merci Lestariani Lahagu, Imansudi Zega, Mastawati Ndruru, Lestari Waruwu, UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA PADA TEKS PROSEDUR MELALUI PERMAINAN RACE READING KELAS VII SMP NEGERI 1 MANDREHE , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol 12 No 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Nita Septiani Waruwu, Iman Sudi Zega, Lestari Waruwu, Yanida Bu'ulolo, Analisis Tindak Tutur Lokusi Ilokusi dan perlokusi pada Novel Layangan Putus karya Mommy ASF , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol 12 No 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Wita Kurniawati Waruwu, Noveri Amal Jaya Harefa, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, Analisis pengaruh budaya bӧwӧ (Mahar) terhadap generasi Nias , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol 12 No 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Margareta Meiwati Laia, Mastawati Ndruru, Noibe Halawa, Arozatulo Bawamenewi, ANALISIS MAKNA UNGKAPAN FAMOTU ONO NIHALÖ (NASIHAT KEPADA PENGANTIN PEREMPUAN) PADA PESTA PERNIKAHAN ADAT NIAS , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol 12 No 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Yarliani Telaumbanua, Lestari Waruwu, Imansudi Zega, Arozatulo Bawamenewi, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS ULASAN MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION KELAS VIII SMP NEGERI 8 GUNUNGSITOLI TAHUN AJARAN 2023/2024 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol 12 No 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Eden Putri Harefa, Lestari Waruwu, Imansudi Zega, Noibe Halawa, ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN MORFOLOGI PADA TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LOTU , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol 12 No 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Novi Ratna Yanti Laoli, Riana Riana, Noveri Amal Jaya Harefa, Lestari Waruwu, MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACATEKS PERSUASIF DENGAN MODEL PEMBELAJARANCIRC(COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GUNUNGSITOLI UTARA , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol 12 No 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Artikel Serupa
- Linda Santi Rozana Mendrofa, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, Mastawati Ndruru, PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN TEKS PIDATO PERSUASIF DI SMP , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol 13 No 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.