PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY BAGI GURU BAHASA LAMPUNG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN VISUALISASI TIGA DIMENSI SISWA TERHADAP AKSARA LAMPUNG

Published: Sep 21, 2024

Abstract:

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini ialah memberikan wawasan dan pemahaman kepada guru pengampu mata pelajaran Bahasa Daerah kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan terhadap penggunaan had Lampung digital berbasis Augmented Reality. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di DT Archery and Café-Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu metode latihan instruksi kerja. Jumlah peserta pelatihan ini sebanyak 20 orang guru yang tergabung dalam MGMP Bahasa Daerah Lampung. Keberhasilan kegiatan ini diukur dari penilaian hasil maupun proses. Keberhasilan hasil diukur dengan melakukan penilaian terhadap unjuk kerja penggunaan had Lampung digital yang dilakukan peserta pelatihan secara individu. Selanjutnya, penilaian proses diukur melalui instrumen berbentuk angket yang menitikberatkan pada aspek kebermanfaatan dan keberhasilan penyelenggaraan pelatihan baik yang meliputi materi pelatihan maupun sarana dan prasarana pelatihan. Hasil pengabdian ini adalah tecapainya optimalisasi kompetensi dan kemampuan Guru Mata Pelajaran Bahasa Daerah, dalam penggunaan had Lampung digital berbasis Augmented Reality.

The purpose of this community service activity is to provide insights and understanding to teachers of regional languages in Natar Subdistrict, South Lampung Regency, regarding the use of digital Lampung script-based Augmented Reality. This service activity was carried out at DT Archery and Café-Natar Subdistrict, South Lampung Regency. The method used in this training is the job instruction training method. The number of participants in this training was 20 teachers who are members of the Lampung Regional Language MGMP. The success of this activity was measured from the assessment of results and processes. The success of the results was measured by assessing the performance of using digital Lampung script carried out by training participants individually. Furthermore, the process assessment was measured using a questionnaire instrument that focused on the aspects of the usefulness and success of the training implementation, both covering the training materials and the training facilities and infrastructure. The results of this service are the achievement of the optimization of the competencies and abilities of Regional Language Teachers in using Augmented Reality-based digital Lampung script.

Keywords:
1. Assemblr
2. Augmented Reality
3. Lampung script
Authors:
1 . Iqbal Hilal
2 . Munaris Munaris
3 . Rahmat Prayogi
4 . Heru Prasetyo
How to Cite
Hilal, I., Munaris, M., Prayogi, R., & Prasetyo, H. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY BAGI GURU BAHASA LAMPUNG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN VISUALISASI TIGA DIMENSI SISWA TERHADAP AKSARA LAMPUNG. Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2, Okt), 90–104. Retrieved from https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/ela/article/view/166