PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBANTU CANVA BAGI GURU SMA NEGERI 2 GADINGREJO PRINGSEWU

Published: Apr 5, 2022

Abstract:

Through the Covid-19 pandemic, the world of Indonesian education can gain a lot of wisdom. It takes more than infrastructure readiness to carry out online learning. In fact, the most important of a few improvements is the expectation and maturity of the teachers' abilities, not only when interacting in class but also in providing teaching materials. The variety of teaching media provided is believed to be able to create a warm classroom atmosphere. Canva.com as one of the graphic design applications can be maximized in creating comic-shaped teaching media. Unfortunately, not many teachers are able to compile and take advantage of the features provided in canva. The community service carried out by the University of Lampung team tries to provide new experiences for teachers to present comic teaching media.

Melalui pandemi Covid-19, dunia pendidikan Indonesia dapat memtik banyak hikmah. Butuh lebih dari kesiapan infratruktur untuk menjalankan pembelajaran daring. Justru yang paling utama dari sejumlah pembenahan adalah eksiapan dan kematangan kemampuan para pengajar, tidak hanya saat berinteraksi di kelas namun juga dalam menyediakan materi ajar. Variasi media ajar yang disediakan, diyakini mampu menciptakan suasana kelas yang hangat. Canva.com sebagai salah satu aplikasi desain grafis dapat dimaksimalkan dalam mencipta media ajar berbentuk komik. Sayangnya tidak banyak pengajar yang mampu menyusun dan memanfaatkan fitur yang disediakan di canva ini. Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan tim Universitas Lampung ini mencoba memberikan pengalaman baru kepada guru untuk menghadirkan media ajar komik.

Keywords:
1. Canva
2. Gadingrejo
3. Komic
Authors:
1 . Heru Prasetyo
2 . Munaris Munaris
3 . Ayu Setiyo Putri
4 . Iqbal Hilal
How to Cite
Prasetyo, H., Munaris, M., Putri, A. S., & Hilal, I. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBANTU CANVA BAGI GURU SMA NEGERI 2 GADINGREJO PRINGSEWU . Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1, April), 40–48. Retrieved from https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/ela/article/view/389
References

    Putry, Binta Lestari. 2021. Pengembangan Komik Online Berbasis Canva Sebagai Media Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Kelas X Sma N 11 Yogyakarta. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

    Ichsan Mahardika, A. 2021. Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 275-281.

    Makarim, N. A. (2022, Februari 11). Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban untuk Atasi Krisis Pembelajaran. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/kurikulum-merdeka-jadi-jawaban-untuk-atasi-krisis-pembelajaran

    Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., dan Dangnga, T. 2018. “Peranan Media Dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar”. Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, Hal. 5—7.

    Saputra, B. A. 2022. Pengembangan Komik Digital Chlorophyl Sebagai Media Pembelajaran Peduli Lingkungan Siswa Sma. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(1), 57-63.

    Senjaya, R. P. 2022. Pengembangan Media Komik Digital (MEKODIG) dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 99-106.

    Sugianti, S., Rosidah, I., & Mabaroh, B. 2021. E-Komik Edu Tatabin Sebagai Bahan Literasi Pembinaan Tata Bahasa Indonesia. An-Nas, 5(2), 1-11.

    Tapiah, L. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis e-Komik untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini 5–6 Tahun. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(1), 34-39.

    Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. 2022. Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva for Education bagi Guru Bahasa di Kota Palembang. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171-180.

  1. Putry, Binta Lestari. 2021. Pengembangan Komik Online Berbasis Canva Sebagai Media Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Kelas X Sma N 11 Yogyakarta. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.
  2. Ichsan Mahardika, A. 2021. Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 275-281.
  3. Makarim, N. A. (2022, Februari 11). Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban untuk Atasi Krisis Pembelajaran. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/kurikulum-merdeka-jadi-jawaban-untuk-atasi-krisis-pembelajaran
  4. Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., dan Dangnga, T. 2018. “Peranan Media Dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar”. Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, Hal. 5—7.
  5. Saputra, B. A. 2022. Pengembangan Komik Digital Chlorophyl Sebagai Media Pembelajaran Peduli Lingkungan Siswa Sma. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(1), 57-63.
  6. Senjaya, R. P. 2022. Pengembangan Media Komik Digital (MEKODIG) dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 99-106.
  7. Sugianti, S., Rosidah, I., & Mabaroh, B. 2021. E-Komik Edu Tatabin Sebagai Bahan Literasi Pembinaan Tata Bahasa Indonesia. An-Nas, 5(2), 1-11.
  8. Tapiah, L. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis e-Komik untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini 5–6 Tahun. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(1), 34-39.
  9. Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. 2022. Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva for Education bagi Guru Bahasa di Kota Palembang. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171-180.