PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI MAHASISWA PPGPRAJABATAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Published: Sep 22, 2024

Abstract:

The Scientific Writing Training for Pre-Service Teacher Education Students in the Indonesian Language Subject aims to enhance participants' writing skills and understanding in composing high-quality scientific papers. This activity was conducted over four days at Building C, FKIP Universitas Lampung, with the participation of 25 students. The training methods included an introduction to the basic concepts of scientific writing, the use of the Mendeley application for reference management, and hands-on practice. Evaluation results showed that 60% of participants strongly agreed that the training increased their understanding, while 40% agreed. This training is expected to prepare students to convey important knowledge and values to their future students and support the goals of the Merdeka Curriculum in enhancing literacy and creativity among learners.

Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Mahasiswa PPG Prajabatan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis dan pemahaman peserta dalam menyusun karya tulis ilmiah yang berkualitas. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari di Gedung C FKIP Universitas Lampung, diikuti oleh 25 mahasiswa. Metode pelatihan meliputi pengenalan konsep dasar karya tulis ilmiah, penggunaan aplikasi Mendeley untuk manajemen referensi, dan praktik langsung. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 60% peserta sangat setuju bahwa pelatihan ini menambah pemahaman mereka, sementara 40% lainnya setuju. Pelatihan ini diharapkan dapat mempersiapkan mahasiswa untuk menyampaikan pengetahuan dan nilai-nilai penting kepada siswa di masa depan serta mendukung tujuan Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan literasi dan kreativitas peserta didik.

Keywords:
1. Training
2. Scientific Writing
3. Mendeley
4. Pre-Service Teacher Education Students, Indonesian Language
Authors:
1 . Eka Sofia Agustina
2 . Ayu Setiyo Putri
3 . Heru Prasetyo
4 . Muharsyam Dwi Anantama
How to Cite
Agustina, E. S., Putri, A. S., Prasetyo, H., & Anantama, M. D. (2024). PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI MAHASISWA PPGPRAJABATAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2, Okt), 194–199. Retrieved from https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/ela/article/view/262
References

    Alifa, N., & Setyaningsih, N. H. (2020). Pengaruh Keterampilan Menyimak Dan Membaca Cerpen Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 98–103. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/39634/18898

    Kemendikbudristek, B. (2022). Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Fase F. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, 2–14.

    Mulyati, Y. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD, 1–34.

    Permatasari, D. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Big Book Writing Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas 5 Sd Negeri 1 Pilangbango Madiun. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(1), 21. https://doi.org/10.14421/jpdi.2017.0901-03

    Suprayogi, S., Pranoto, B. E., Budiman, A., Maulana, B., & Swastika, G. B. (2021). Pengembangan Keterampilan Menulis Siswa SMAN 1 Semaka Melalui Web Sekolah. Madaniya, 2(3), 283–294. https://doi.org/10.53696/27214834.92

  1. Alifa, N., & Setyaningsih, N. H. (2020). Pengaruh Keterampilan Menyimak Dan Membaca Cerpen Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 98–103. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/39634/18898
  2. Kemendikbudristek, B. (2022). Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Fase F. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, 2–14.
  3. Mulyati, Y. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD, 1–34.
  4. Permatasari, D. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Big Book Writing Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas 5 Sd Negeri 1 Pilangbango Madiun. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(1), 21. https://doi.org/10.14421/jpdi.2017.0901-03
  5. Suprayogi, S., Pranoto, B. E., Budiman, A., Maulana, B., & Swastika, G. B. (2021). Pengembangan Keterampilan Menulis Siswa SMAN 1 Semaka Melalui Web Sekolah. Madaniya, 2(3), 283–294. https://doi.org/10.53696/27214834.92