PELATIHAN PENYUSUNAN MATERI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS WEB PUSAT PPK KEMDIKBUD BAGI GURU-GURU SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG

Published: Sep 9, 2022

Abstract:

Kegiatan pelatihan penyusunan materi penguatan pendidikan karakter berbasis WEB Pusat PPK Kemdibud bagi guru-guru SMA YP Unila ini bertujuan untuk mengembangkan profesionalisme para guru SMA YP Unila dalam hal penguatan pendidikan karakter (PPK). Pelatihan ini akan menerapkan model penemuan atau discovery learning dan problem base learning, yakni semua peserta aktif menemukan konten atau materi PPK dalam web Pusata PPK Kemendikbud RI serta menyelesaikan permasalahan karakter negatif peserta didik dengan materi-materi dari web tersebut. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan penyelesaian masalah berupa penugasan. Tempat pelatihan dilaksanakan di SMA Yayasan Pembina Universitas Lampung. Jumlah peserta pelatihan ini ditargetkan sebanyak 25 orang yang terdiri atas para guru semua mata pelajaran yang ada di SMA YP Unila. Indikator keberhasilan proses meliputi, keaktifan, kerja sama, dan tanggung jawab yang dinilai melalui pengamatan atau observasi. Penilaian unjuk kerja dilakukan ketika peserta secara berkelompok mempresentasikan hasil berselancar dalam web Pusat PPK, meliputi konten/materi penguatan pendidikan karakter, portal praktik baik, serta metode pembentukan karakter tersebut.

This training activity for the preparation of material for strengthening character education based on the WEB Center of the Ministry of Education and Culture for YP Unila High School teachers aims to develop the professionalism of YP Unila High School teachers in terms of strengthening character education (PPK). This training will apply a discovery learning model and problem base learning, where all participants actively find KDP content or material on the Ministry of Education and Culture's PPK Center web and solve students' negative character problems with materials from the web. The methods used in this training are lectures, questions and answers, discussions, demonstrations, and problem solving in the form of assignments. The training venue was held at the Pembina Foundation Senior High School, University of Lampung. The number of participants for this training is targeted at 25 people consisting of teachers of all subjects at SMA YP Unila. The indicators of the success of the process include activeness, cooperation, and responsibility which are assessed through observation or observation. Performance assessment is carried out when participants in groups present the results of surfing the KDP Center web, including content/materials for strengthening character education, good practice portals, and methods of character building.

Keywords:
1. character smart page
2. good practice portal
3. PPK
Authors:
1 . Sumarti
2 . Nurlaksana Eko Rusminto
3 . Rian Andri Prasetya
4 . Bambang Riadi
How to Cite
Sumarti, Rusminto, N. E., Prasetya, R. A., & Riadi, B. (2022). PELATIHAN PENYUSUNAN MATERI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS WEB PUSAT PPK KEMDIKBUD BAGI GURU-GURU SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG. Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2, September), 73–82. Retrieved from https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/ela/article/view/393
References

    Amka, H. 2019. Penguatan Pendidikan Karakter. Sidoarjo: izamia Learning Center.

    Astawan, I Gede. (2016). Belajar dan Pembelajaran Abad 21. Harian Bernas. Djamarah, Saiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

    Effendi, Muhadjir. 2018. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud.

    Kompas. 2013. Sinergi dan Harmonisasi Menuju Penyelarasan Dunia Pendidikan dan Dunia Kerja, (Online), (http://edukasi.kompasiana.com /2013/03/13/sinergi-dan-harmonisasi-menujupenyelarasan-dunia-pendidikan-dan-dunia-kerja- 541795.html),diakses 18 Februari 2020.

    Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

    Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental GNRM).

    Rochani, dkk. 2021. Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kepemimpinan Kharismatik Sultas Ageng Tirtayasa bagi Peserta Didik di Wilayah Banten. Jurnal Pendidikan dan Sejarah, Vol.7. No.2 Tahun 2021. hlm.115-120.

    Sani, Ridwan. 2019. Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills).

    Tangerang: Tira Smart. https://cerdasberkarakter.kemendikbud.go.id

  1. Amka, H. 2019. Penguatan Pendidikan Karakter. Sidoarjo: izamia Learning Center.
  2. Astawan, I Gede. (2016). Belajar dan Pembelajaran Abad 21. Harian Bernas. Djamarah, Saiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Effendi, Muhadjir. 2018. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud.
  4. Kompas. 2013. Sinergi dan Harmonisasi Menuju Penyelarasan Dunia Pendidikan dan Dunia Kerja, (Online), (http://edukasi.kompasiana.com /2013/03/13/sinergi-dan-harmonisasi-menujupenyelarasan-dunia-pendidikan-dan-dunia-kerja- 541795.html),diakses 18 Februari 2020.
  5. Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
  6. Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental GNRM).
  7. Rochani, dkk. 2021. Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kepemimpinan Kharismatik Sultas Ageng Tirtayasa bagi Peserta Didik di Wilayah Banten. Jurnal Pendidikan dan Sejarah, Vol.7. No.2 Tahun 2021. hlm.115-120.
  8. Sani, Ridwan. 2019. Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills).
  9. Tangerang: Tira Smart. https://cerdasberkarakter.kemendikbud.go.id

Most read articles by the same author(s)