PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 HILISERANGKAI

Published: Sep 16, 2025

Abstract:

This study aims to determine the effect of the demonstration method on the poetry reading skills of eighth-grade students at SMP Negeri 2 Hiliserangkai. The research problem is the low level of expressive poetry reading skills, as evidenced by a lack of appreciation, monotonous expression, unvarying intonation, and unclear pronunciation. The demonstration method was chosen because teachers can provide direct examples of good poetry reading. This study employs a quasi-experimental quantitative approach with a pretest-posttest control group design. The research sample consists of two eighth-grade classes selected through total sampling, with VIII-1 as the experimental class and VIII-2 as the control class. The instrument used is a performance test covering empathy, expression, intonation, and pronunciation. The t-test results showed a significance value of 0.001 < 0.05, indicating a significant difference between the experimental and control classes. It was concluded that the demonstration method had a positive effect on improving expressive poetry reading skills.

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan membaca puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Hiliserangkai. Permasalahan penelitian adalah rendahnya keterampilan membaca puisi secara ekspresif, terlihat dari kurangnya penghayatan, ekspresi monoton, intonasi tidak bervariasi, dan lafal kurang jelas. Metode demonstrasi dipilih karena guru dapat memberi contoh langsung membaca puisi dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian adalah dua kelas VIII yang ditentukan dengan total sampling, VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 sebagai kontrol. Instrumen berupa tes performatif mencakup penghayatan, ekspresi, intonasi, dan lafal. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Disimpulkan bahwa metode demonstrasi berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan membaca puisi secara ekspresif.

Keywords:
1. Influence
2. Demonstration Method
3. Reading Ability
4. Poetry
Authors:
1 . Lenismahayati Waruwu
2 . Noibe Halawa
3 . Lestari Waruwu
4 . Mastawati Ndruru
How to Cite
Waruwu, L. ., Halawa, N. ., Waruwu, L. ., & Ndruru, M. . (2025). PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 HILISERANGKAI. J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 1029–1040. https://doi.org/10.23960/simbol.v13i2.1001

Downloads

Download data is not yet available.
References

    Alam, H. W. N. (2017a). Peningkatan Kemampuan Memproduksi Teks Prosedur Kompleks Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 32. Https://Doi.Org/10.25157/Diksatrasia.V1i1.176

    Alam, H. W. N. (2017b). Peningkatan Kemampuan Memproduksi Teks Prosedur Kompleks Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 32. Https://Doi.Org/10.25157/Diksatrasia.V1i1.176

    Alda, A., Cinda Hendriana, E., & Susanto, H. (2024). Analisis Kesulitan Membaca Puisi Pada Pelajar Di Kelas Iv Sdn 25 Singkawang. Scholarly Journal Of Elementary School, 4(2), 128–137. Https://Doi.Org/10.21137/Sjes.2024.4.2.4

    Aziza Aulia Azzahra. (2022). Analisis Struktural Puisi Sendiri Karya Abdul Hadi W.M. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(3), 39–47. Https://Doi.Org/10.30640/Dewantara.V1i3.395

    Hanifah, N. (2014). Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Butir Soal Dan Reliabilitas Tes Bentuk Pilihan Ganda Biasa Dan Pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi.

    H.T, C. M., & Evitarini, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Pelajar Dengan Teknik Skimming Dan Scanning Melalui Layanan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 114–119. Https://Doi.Org/10.31004/Jrpp.V5i1.5347

    I.G.A.D.C. Rasmi. (2022). Tema Mayor Dan Tema Minor Antologi Puisi “Seuntai Harap” Karya Pelajar Sma Negeri 8 Denpasar. Jurnal Pendidikan Dan Pelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 11–23. Https://Doi.Org/10.23887/Jurnal_Bahasa.V11i1.921

    Kawulur, T. K., Areros, W. A., & Pio, R. J. (2018). Pengaruh Reward And Punishment Terhadap Loyalitas Karyawan Di PT. Columbia Perdana Cabang Manado. 6(2).

    Khotimah, A. K., & Widagdo, A. (N.D.-A). Kemampuan Membaca Pemahaman Berdasarkan Taksonomi Barret Pada Pelajar Kelas Iv Sd.

    Khotimah, A. K., & Widagdo, A. (N.D.-B). Kemampuan Membaca Pemahaman Berdasarkan Taksonomi Barret Pada Pelajar Kelas Iv Sd.

    Monica, R. Y., Marta, R. A., & Putri, M. (N.D.). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Metode Demonstrasi Pelajar Kelas Vii Smp N 2 Kota Solok Tahun Pelajaran 2021/2022.

    Mu’ayadah, L., & Utami, N. R. (2012). Efektivitas Kegiatan Laboratorium Berbasis Inkuiri Pada Materi Sistem Respirasi Manusia.

    Mulyati, T. (2021). Penerapan Metode Demontrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pelajar Kelas Iv Sd Negeri 005 Simpang Raya Kecamatan Singingi Hilir Tahun Pelajaran 2018/2019. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 35–43. Https://Doi.Org/10.51878/Elementary.V1i2.133

    Ono, S. (2020). Uji Validitas Dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61. Https://Doi.Org/10.37341/Jkf.V5i1.167

    Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui. (N.D.).

    P-Issn, X. D. (N.D.). Jurnal Pendidikan Dan Konseling.

    Putri, S. S. I., & Oemar, E. A. B. (2017). Penerapan Metode Pelajaran Demonstrasi Di Sanggar Lintang Art Kediri. 05.

    Qadir, A., Huda, N., & Hermina, D. (2024). Analisis Butir Tes : Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Dan Efektivitas Pengecoh. 3.

    Ridzal, A. C., & Puspita W., D. M. A. (2024). Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Pelajaran Fiqh Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pelajar Di Ma Nurus Sholah Yosowilangun. Jurnal Pendidikan Dan Pelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1652–1662. Https://Doi.Org/10.53299/Jppi.V4i4.726

    Rina, C., Endayani, T., & Agustina, M. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pelajar. 5(2).

    Sianturi, R. (2022). Uji Homogenitas Sebagai Syarat Pengujian Analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397. Https://Doi.Org/10.53565/Pssa.V8i1.507

    Sintia, I., Pasarella, M. D., & Nohe, D. A. (2022). Perbandingan Tingkat Konsistensi Uji Distribusi Normalitas Pada Kasus Tingkat Pengangguran Di Jawa.

    Wati, M. L. K., Kanzunnudin, M., & Fathurohman, I. (2022). Analisis Struktural Antologi Puisi Alarm Sunyi Karya Emi Suy. Kredo : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(2), 529–546. Https://Doi.Org/10.24176/Kredo.V5i2.7029

    Rangkuti, D., & Rangkuti, D. E. (2020). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Mengenal Konsep Angka di TK/Paud. Prosisiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 3(1), 77–85.

    Noortyani, R. (2022). Dasar-dasar Membaca. K-Media.

  1. Alam, H. W. N. (2017a). Peningkatan Kemampuan Memproduksi Teks Prosedur Kompleks Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 32. Https://Doi.Org/10.25157/Diksatrasia.V1i1.176
  2. Alam, H. W. N. (2017b). Peningkatan Kemampuan Memproduksi Teks Prosedur Kompleks Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 32. Https://Doi.Org/10.25157/Diksatrasia.V1i1.176
  3. Alda, A., Cinda Hendriana, E., & Susanto, H. (2024). Analisis Kesulitan Membaca Puisi Pada Pelajar Di Kelas Iv Sdn 25 Singkawang. Scholarly Journal Of Elementary School, 4(2), 128–137. Https://Doi.Org/10.21137/Sjes.2024.4.2.4
  4. Aziza Aulia Azzahra. (2022). Analisis Struktural Puisi Sendiri Karya Abdul Hadi W.M. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(3), 39–47. Https://Doi.Org/10.30640/Dewantara.V1i3.395
  5. Hanifah, N. (2014). Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Butir Soal Dan Reliabilitas Tes Bentuk Pilihan Ganda Biasa Dan Pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi.
  6. H.T, C. M., & Evitarini, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Pelajar Dengan Teknik Skimming Dan Scanning Melalui Layanan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 114–119. Https://Doi.Org/10.31004/Jrpp.V5i1.5347
  7. I.G.A.D.C. Rasmi. (2022). Tema Mayor Dan Tema Minor Antologi Puisi “Seuntai Harap” Karya Pelajar Sma Negeri 8 Denpasar. Jurnal Pendidikan Dan Pelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 11–23. Https://Doi.Org/10.23887/Jurnal_Bahasa.V11i1.921
  8. Kawulur, T. K., Areros, W. A., & Pio, R. J. (2018). Pengaruh Reward And Punishment Terhadap Loyalitas Karyawan Di PT. Columbia Perdana Cabang Manado. 6(2).
  9. Khotimah, A. K., & Widagdo, A. (N.D.-A). Kemampuan Membaca Pemahaman Berdasarkan Taksonomi Barret Pada Pelajar Kelas Iv Sd.
  10. Khotimah, A. K., & Widagdo, A. (N.D.-B). Kemampuan Membaca Pemahaman Berdasarkan Taksonomi Barret Pada Pelajar Kelas Iv Sd.
  11. Monica, R. Y., Marta, R. A., & Putri, M. (N.D.). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Metode Demonstrasi Pelajar Kelas Vii Smp N 2 Kota Solok Tahun Pelajaran 2021/2022.
  12. Mu’ayadah, L., & Utami, N. R. (2012). Efektivitas Kegiatan Laboratorium Berbasis Inkuiri Pada Materi Sistem Respirasi Manusia.
  13. Mulyati, T. (2021). Penerapan Metode Demontrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pelajar Kelas Iv Sd Negeri 005 Simpang Raya Kecamatan Singingi Hilir Tahun Pelajaran 2018/2019. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 35–43. Https://Doi.Org/10.51878/Elementary.V1i2.133
  14. Ono, S. (2020). Uji Validitas Dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61. Https://Doi.Org/10.37341/Jkf.V5i1.167
  15. Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui. (N.D.).
  16. P-Issn, X. D. (N.D.). Jurnal Pendidikan Dan Konseling.
  17. Putri, S. S. I., & Oemar, E. A. B. (2017). Penerapan Metode Pelajaran Demonstrasi Di Sanggar Lintang Art Kediri. 05.
  18. Qadir, A., Huda, N., & Hermina, D. (2024). Analisis Butir Tes : Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Dan Efektivitas Pengecoh. 3.
  19. Ridzal, A. C., & Puspita W., D. M. A. (2024). Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Pelajaran Fiqh Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pelajar Di Ma Nurus Sholah Yosowilangun. Jurnal Pendidikan Dan Pelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1652–1662. Https://Doi.Org/10.53299/Jppi.V4i4.726
  20. Rina, C., Endayani, T., & Agustina, M. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pelajar. 5(2).
  21. Sianturi, R. (2022). Uji Homogenitas Sebagai Syarat Pengujian Analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397. Https://Doi.Org/10.53565/Pssa.V8i1.507
  22. Sintia, I., Pasarella, M. D., & Nohe, D. A. (2022). Perbandingan Tingkat Konsistensi Uji Distribusi Normalitas Pada Kasus Tingkat Pengangguran Di Jawa.
  23. Wati, M. L. K., Kanzunnudin, M., & Fathurohman, I. (2022). Analisis Struktural Antologi Puisi Alarm Sunyi Karya Emi Suy. Kredo : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(2), 529–546. Https://Doi.Org/10.24176/Kredo.V5i2.7029
  24. Rangkuti, D., & Rangkuti, D. E. (2020). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Mengenal Konsep Angka di TK/Paud. Prosisiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 3(1), 77–85.
  25. Noortyani, R. (2022). Dasar-dasar Membaca. K-Media.

Most read articles by the same author(s)