PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART BOX PADA MATERI TEKS BERITA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BOTOMUZOI
Abstract:
This study aims to develop interactive learning media known as Smart Box to improve students' understanding and participation in news text material in grade VII at SMP Negeri 1 Botomuzoi. The background to this problem is the low level of understanding and lack of student participation in the learning process. To achieve this objective, this study adopts a Research and Development (R&D) approach using the Borg and Gall model. This method involves the development of the Smart Box learning media product and its testing. The research sample consisted of two classes, with one class used as the product trial subject (6 students) and the other class for the usage trial (26 students). The results of the study indicate that the Smart Box learning media is proven to be feasible, practical, and effective. The validity of the content, language, and design reached 94%, indicating the product's feasibility. Additionally, the practicality of the product testing results reached 91.5% of the students, while the effectiveness of the usage testing reached an average of 81.12%. Therefore, the Smart Box learning media is recommended for use in news text learning.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif yang dikenal sebagai Smart Box untuk meningkatkan pemahaman dan keaktifan siswa pada materi teks berita di kelas VII SMP Negeri 1 Botomuzoi. Latar belakang masalah ini adalah rendahnya pemahaman dan kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini mengadopsi pendekatan penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Metode ini melibatkan pengembangan produk media pembelajaran Smart Box dan pengujiannya. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas di mana satu kelas digunakan sebagai subjek uji coba produk (6 siswa) dan kelas lainnya untuk uji coba pemakaian (26 siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Smart Box terbukti layak, praktis, dan efektif. Tingkat validitas materi, bahasa, dan desain mencapai 94%, menunjukkan kelayakan produk. Selain itu, tingkat kepraktisan dari hasil uji coba produk mencapai 91,5% dari siswa, sementara tingkat keefektifan dari uji coba pemakaian mencapai rata-rata 81,12%. Dengan demikian, media pembelajaran Smart Box direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran teks berita.
Downloads
Adriana, A. M. (2024). Pemanfaatan Media Smart Box pada Pembelajaran Teks Iklan di Era Kurikulum. article History, 173.
Alfida Ilma Maula, C. R. (2022). Pembelajaran Teks Berita. 10: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
Aminah, Siti, and Eka Yusnaldi. “Pengembangan Media Smart box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13.3 (2024): 3077-3086.
Andika Maharani, L. R. (2024 ). Pemanfaatan Media Smart Box pada Pembelajaran Teks Iklan di Era Kurikulum . Article History, 173.
Andika Maharani, L. R. (2024). Pemanfaatan Media Smart Box pada Pembelajaran Teks Iklan di Era Kurikulum . Article History, 171 - 182.
Andika Maharani, L. R. (2024). Pemanfaatan Media Smart Box pada Pembelajaran Teks Iklan di Era Kurikulum . Article History, 172.
Arif Rachman, d. S. (2024). Metode Penelitian. karawang.
Cahyaningtyas, Tiara Intan, et al. “Pengembangan Media Pembelajaran Smart Box Untuk Anak Tuna Grahita.” Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 15.1 (2024): 66-72.
Damayanti, Zulita, Viktor Pandra, and Novianti Mandasari. “Penerapan Media SMAB (Smart Box) pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Air Deras.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 4.2 (2024): 372-380.
Elfin Purnama Sari1, F. A. (2024). Pengembangan Media Smart Box Berbasis Permainan Monopoli . Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3526.
Fayrus Abadi Slamet, M. (2022). Model Penelitian Pengembangan. Malang.
Hidayat, A. (2011). Pembelajaran Menulis Teks Berita. Insania, 283.
Jelisman Lase, B. G. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And. jurnal pendidikan, 70-77.
Maula, A. I. (2024). Pembelajaran Teks Berita. 15.
Muhammad Hasan, S. M. (2021). Media Pembelajaran. klaten.
Muhammad Hasan, M. D. (2021). Media Pembelajaran. 2: Tahta Media Group.
Nugraha, Bagas Adistiya, et al. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Smart Box Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Iii Di Sd Negeri 1 Podomoro.” Jurnal Studi Multidisipliner 8.10 (2024).
Sandra, Angella Lupita, and Dani Kusuma. “Pengembangan Media Pembelajaran Smart Box Mathematic untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 1 SD.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9.04 (2024): 587-601.
Siti Aminah1, E. Y. (2024). Pengembangan Media Smart box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial . 3079: Jurnal Kependidikan,.
Sitio, Kristina Adelina, et al. “Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Smart Box Minat Belajar Ppkn Meningkatkan Di Smp N 19 Kota Jambi.” Jurnal Penelitian dan Pengabdian 1.2 (2024): 226-235.
Sukaryanti, Ayu, Murjainah Murjainah, and Sylvia Lara Syaflin. “Pengembangan media pembelajaran kotak pintar keragaman di Indonesia untuk siswa kelas IV SD.” Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual 7.1 (2023): 140-149.
- Adriana, A. M. (2024). Pemanfaatan Media Smart Box pada Pembelajaran Teks Iklan di Era Kurikulum. article History, 173.
- Alfida Ilma Maula, C. R. (2022). Pembelajaran Teks Berita. 10: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
- Aminah, Siti, and Eka Yusnaldi. “Pengembangan Media Smart box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13.3 (2024): 3077-3086.
- Andika Maharani, L. R. (2024 ). Pemanfaatan Media Smart Box pada Pembelajaran Teks Iklan di Era Kurikulum . Article History, 173.
- Andika Maharani, L. R. (2024). Pemanfaatan Media Smart Box pada Pembelajaran Teks Iklan di Era Kurikulum . Article History, 171 - 182.
- Andika Maharani, L. R. (2024). Pemanfaatan Media Smart Box pada Pembelajaran Teks Iklan di Era Kurikulum . Article History, 172.
- Arif Rachman, d. S. (2024). Metode Penelitian. karawang.
- Cahyaningtyas, Tiara Intan, et al. “Pengembangan Media Pembelajaran Smart Box Untuk Anak Tuna Grahita.” Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 15.1 (2024): 66-72.
- Damayanti, Zulita, Viktor Pandra, and Novianti Mandasari. “Penerapan Media SMAB (Smart Box) pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Air Deras.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 4.2 (2024): 372-380.
- Elfin Purnama Sari1, F. A. (2024). Pengembangan Media Smart Box Berbasis Permainan Monopoli . Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3526.
- Fayrus Abadi Slamet, M. (2022). Model Penelitian Pengembangan. Malang.
- Hidayat, A. (2011). Pembelajaran Menulis Teks Berita. Insania, 283.
- Jelisman Lase, B. G. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And. jurnal pendidikan, 70-77.
- Maula, A. I. (2024). Pembelajaran Teks Berita. 15.
- Muhammad Hasan, S. M. (2021). Media Pembelajaran. klaten.
- Muhammad Hasan, M. D. (2021). Media Pembelajaran. 2: Tahta Media Group.
- Nugraha, Bagas Adistiya, et al. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Smart Box Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Iii Di Sd Negeri 1 Podomoro.” Jurnal Studi Multidisipliner 8.10 (2024).
- Sandra, Angella Lupita, and Dani Kusuma. “Pengembangan Media Pembelajaran Smart Box Mathematic untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 1 SD.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9.04 (2024): 587-601.
- Siti Aminah1, E. Y. (2024). Pengembangan Media Smart box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial . 3079: Jurnal Kependidikan,.
- Sitio, Kristina Adelina, et al. “Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Smart Box Minat Belajar Ppkn Meningkatkan Di Smp N 19 Kota Jambi.” Jurnal Penelitian dan Pengabdian 1.2 (2024): 226-235.
- Sukaryanti, Ayu, Murjainah Murjainah, and Sylvia Lara Syaflin. “Pengembangan media pembelajaran kotak pintar keragaman di Indonesia untuk siswa kelas IV SD.” Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual 7.1 (2023): 140-149.
Most read articles by the same author(s)
- Masa Derita Zega, Mastawati Ndruru, Arozatulo Bawamenewi, Imansudi Zega, NILAI MORAL PADA ACARA FAMOTU ONO NIHALӦ DALAM PESTA PERNIKAHAN ADAT NIAS , J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Vol. 13 No. 1 (2025): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
- Agus Zan Krisman Waruwu, Riana Riana, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI TEKS NEGOSIASI KELAS X SMA NEGERI 1 GIDO , J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Vol. 13 No. 2 (2025): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
- Festina Bu’ulolo, Imansudi Zega, Noveri Amal Jaya Harefa, Mastawati Ndruru, ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KATA BAKU DAN TIDAK BAKU DALAM PENULISAN TEKS PIDATO OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LOLOWAU , J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Vol. 13 No. 2 (2025): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
- Lenismahayati Waruwu, Noibe Halawa, Lestari Waruwu, Mastawati Ndruru, PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 HILISERANGKAI , J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Vol. 13 No. 2 (2025): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
- Mardian Zalukhu, Arozatulo Bawamenewi, Noveri Amal Jaya Harefa, Lestari Waruwu, PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SMP NEGERI 1 AFULU , J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Vol. 13 No. 2 (2025): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
- Osisio Buulolo, Noibe Halawa, Imansudi Zega, Yanida Bu’ulolo, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SQ4R UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA CERITA FIKSI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 ULUNOYO , J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Vol. 13 No. 2 (2025): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
- Rejois Waruwu, Yanida Bu’ulolo, Imansudi Zega, Noibe Halawa, PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MoRO’O , J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Vol. 13 No. 2 (2025): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
- Riska Sri Handayani Tafonao, Noibe Halawa, Yanida Bu’ulolo, Mastawati Ndruru, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 ULU IDANOTAE , J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Vol. 13 No. 2 (2025): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
- Ikhlas Carlan Hulu, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, Lestari Waruwu, PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENGULAS KARYA FIKSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING KELAS VIII SMP NEGERI 1 ALASA TALUMUZOI , J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Vol. 13 No. 2 (2025): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia