PENGEMBANGAN MODUL DAN LKPD BAGI GURU-GURU SD/SMP/SMA SEDERAJAT DI KABUPATEN PRINGSEWU
Abstract:
Pelatihan ini akan menerapkan model penemuan atau discovery learning dan problem based learning, yakni seluruh peserta secara aktif menciptakan modul dan LKPD berdasarkan kriteria penyusunan modul dan LKPD yang sesuai dengan kriteria bahan ajar kurikulum merdeka. Metode penelitian yang digunakan dalam pelatihan ini yakni menggunakan metode tanya jawab, diskusi, demonstrasi, serta penyelesaian masalah berupa dalam bentuk pemberian penugasan. Tempat dilaksanakannya penelitian ini yakni di aula gedung SMK K.H. Ghalib Pringsewu. Jumlah peserta pelatihan ini ditargetkan sebanyak 30 orang yang terdiri atas guru dari jenjang SD, SMP, hingga SMA. Keberhasilan dari proses pelatihan ini dapat diukur dari proses dan hasil pelatihan. Indikator keberhasilan meliputi, kerjasama, tanggung jawab, kreativitas, keaktifan, yang dinilai melalui pengamatan maupun observasi. Penilaian unjuk kerja dilakukan ketika peserta pelatihan secara berkelompok bergantian mempresentasikan hasil pembuatan lKPD dan Modul yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Adapun evaluasi terhadap hasil dari proses pelatihan diukur berdasarkan tingkat penguasaan materi pelatihan yang meliputi hasil penyelesaian pembuatan LKPD dan Modul yang sesuai dengan kriteria.
This training will apply the discovery learning and problem based learning model, namely that all participants actively create modules and LKPD based on the criteria for preparing modules and LKPD that are in accordance with the criteria for independent curriculum teaching materials. The research method used in this training is question and answer methods, discussions, demonstrations, and problem solving in the form of giving assignments. The place where this research was carried out was in the hall of the K.H. Vocational School building. Ghalib Pringsewu. The number of participants in this training is targeted at 30 people consisting of teachers from elementary, middle and high school levels. The success of this training process can be measured from the training process and results. Indicators of success include cooperation, responsibility, creativity, activeness, which are assessed through observations and observation. Performance assessment is carried out when training participants in groups take turns presenting the results of making worksheet and modules that are in accordance with the independent curriculum. The evaluation of the results of the training process is measured based on the level of mastery of the training material which includes the results of completing the LKPD and Module creation in accordance with the criteria.
Rustamana, A., Suandi, M., Rahma, Z. S., & Nugroho, E. (2023). Pengembangan Dan Pemanfaatan Media Cetak: Modul, Hand Out, Dan Lks Dalam Pembelajaran. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 1(8), 11–20.
Sabri, A. (2020). Pendidikan Islam Menyongsong Era Industri 4.0. Deepublish.
Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya mengetahui gaya belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1).
Widiatmaka, P. (2022). Strategi guru dalam membangun karakter nasionalisme pada generasi milenial di era digital. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 228–238.
- Rustamana, A., Suandi, M., Rahma, Z. S., & Nugroho, E. (2023). Pengembangan Dan Pemanfaatan Media Cetak: Modul, Hand Out, Dan Lks Dalam Pembelajaran. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 1(8), 11–20.
- Sabri, A. (2020). Pendidikan Islam Menyongsong Era Industri 4.0. Deepublish.
- Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya mengetahui gaya belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1).
- Widiatmaka, P. (2022). Strategi guru dalam membangun karakter nasionalisme pada generasi milenial di era digital. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 228–238.
Most read articles by the same author(s)
- Riyan Hidayatullah, Sumarti Sumarti, Prisma Tejapermana, Muharsyam Dwi Anantama, PELATIHAN MUSIKALISASI PUISI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DAYA EKSPRESI DAN KREATIVITAS GURU DI SEKOLAH YP UNILA , Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Vol. 3 No. 2, September (2024): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
- I Wayan Ardi Sumarta, Mulyanto Widodo, Nurlaksana Eko Rusminto, Rahmat Prayogi, PENINGKATAN PERFORMA GURU DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TINDAK TUTUR DI SMK 2 MEI BANDAR LAMPUNG , Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Vol. 3 No. 2, September (2024): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
- Siti Samhati, Munaris Munaris, Muhammad Fuad, Rahmat Prayogi, PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH DAN MANAJEMEN REFERENSI BAGI GURU SMA DI BANDAR LAMPUNG , Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Vol. 1 No. 1, April (2022): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
- Nurlaksana Eko Rusminto, Sumarti Sumarti, Rian Andri Prasetya, Fajar Riyantika, PELATIHAN PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA SASTRA DAN ILMIAH BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SEKOTA METRO , Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Vol. 1 No. 1, April (2022): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
- Sumarti, Nurlaksana Eko Rusminto, Rian Andri Prasetya, Bambang Riadi, PELATIHAN PENYUSUNAN MATERI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS WEB PUSAT PPK KEMDIKBUD BAGI GURU-GURU SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG , Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Vol. 1 No. 2, September (2022): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
- Ade Imelda Frimayanti, Mulyanto Widodo, Joni Putra, Siti Romlah, PELATIHAN PUBLIC SPEAKING MELALUI KEGIATAN MUHADHARAH PADA SISWA DI ASRAMA KELAS KHUSUS MTs NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG , Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Vol. 1 No. 2, September (2022): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
- Rahmat Prayogi, Munaris Munaris, Siti Samhati, Sudirman Husin, PELATIHAN PENULISAN SURAT DINAS BAGI GURU TK PEMBINA KOTABUMI , Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Vol. 2 No. 1, April (2023): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat